Peran Perempuan membentuk Kelas Pekerja Yang Kuat dan Bermartabat

Mojokerto, KPonline – Pendidikan Dasar (Diksar) PUK SPAMK FSPMI PT. SAI yang mengambil tema “Dengan Berserikat Menjadi Kelas Pekerja Yang Kuat dan Martabat” memasuki hari kedua pada hari Minggu (16/10/2022) tepat pukul 07.30 WIB.

Materi pertama hari ini disampaikan oleh Diah, seksi bidang 3 dengan pembahasan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3). Ia memaparkan definisi K3, sasaran K3, tujuan K3 dan pentingnya kebijakan K3.

Bacaan Lainnya

Menurut Diah, K3 adalah sebuah sisi yang sangat penting bagi pekerja. Karena mayoritas pekerja PT. SAI adalah perempuan, maka materi difokuskan pada K3 bagi perempuan.

Ardian Safendra Wakil Ketua Bidang Pendidikan dan Politik saat memberikan materi pada Diksar PUK PT SAI di Hotel Tanjung Plaza Tretes Pasuruan (16/10)

Tujuan materi ini agar anggota paham betul tentang protokol dan metode K3 dalam lingkup perusahaan. Patut dipahami bahwa kaum perempuan sangat rawan dan rentan terhadap berbagai gangguan kesehatan maupun keselamatan di tempat kerja.

Materi kedua selanjutnya dipaparkan oleh Beni Indah selaku Sekretaris Wakil Ketua bidang 3 tentang peran pekerja perempuan dalam Serikat Pekerja. Peran perempuan dalam dunia kerja semakin tinggi dari tahun ke tahun. Alasan lain karena perempuan itu lebih stabil kinerjanya dan pembawaannya halus, sehingga bisa tetap profesional dalam bekerja.

Stigma di masyarakat, pekerjaan yang dilakukan perempuan dianggap kurang maksimal dibandingkan yang dilakukan pria. Hal itu yang menurut Beni kaum perempuan juga mempunyai peranan yang penting dalam bekerja karena hak dan kewajiban antara perempuan dan laki laki sebenarnya sejajar.

Keberadaan Serikat Pekerja dalam konteks ini bertujuan untuk melindungi dan memberikan kesempatan kepada kaum perempuan dalam berorganisasi maupun bekerja. Dengan keberadaan kaum perempuan yang aktif dan kreatif, menjadikan organisasi maupun perusahaan menjadi kuat.

Materi terakhir menutup Diksar itu disampaikan oleh Dewi seksi bidang 3. Ia menjelaskan tentang struktur kepengurusan PUK SPAMK FSPMI PT. SAI periode tahun 2021-2024. Dimana Ketua PUK dijabat oleh Reo Garsia Subagyo dengan Wakil Ketua M. Orip Arifianto sedangkan Bendahara Umum dijabat oleh Arsha.

Dibawahnya ada 6 Wakil Ketua yang membawahi masing-masing bidang. Bidang 1 tentang Organisasi dan Infokom dipegang oleh Didik. Bidang 2 tentang Advokasi dipimpin oleh Ari Wiratno. Bidang 3 tentang Pendidikan dan Politik dikomandoi Ardian Safendra. Bidang 4 tentang Sosial dan Ekonomi dipimpin Umar Said. Bidang 5 tentang Hubungan Industrial, K3 dan PKB dipandegani oleh Eko Nugroho. Terakhir Bidang 6 tentang Pemberdayaan Perempuan diserahkan pada Isma W.

Rangkaian acara Diksar selama 2 hari itu ditutup oleh Amir dan dilakukan pembagian sertifikat pada para peserta. Kegiatan Diksar ini selalu digelar rutin oleh PUK SPAMK FSPMI PT SAI sebagai salah satu upaya kaderisasi organisasi. Dengan hadirnya perempuan yang tangguh dan mandiri, tidak hanya memberikan kontribusi pada perusahaan namun juga menjadikan Kelas Pekerja yang kuat dan bermartabat.

Rosania Ristanti

Pos terkait