Pengurus & Majelis Taklim RT. 009 Asri Pratama Gelar Pesantren Kilat Untuk Anak-Anak

Bekasi, KPonline – Saat bulan Ramadhan tiba, ada satu kegiatan rutin yang umumnya diadakan oleh pengurus Masjid maupun musholla. Kegiatan pesantren kilat biasanya untuk anak-anak pelajar SD dan SMP.

Untuk Ramadhan 1445 Hijriah/2024 Masehi pengurus DKM Masjid Jami Al Maunah RW.08 Asri Pratama tidak melaksanakan pesantren kilat dikarenakan kondisi pembangunan masjid yang belum selesai. “Karena kondisi pembangunan masjid yang belum selesai maka untuk kegiatan Ramadhan khususnya pesantren kilat tidak di laksanakan,” kata pengurus DKM.

Namun demikian dihimbau bagi pengurus RT atau majelis taklim bisa melakukan kegiatan tersebut dilingkungan masing-masing. Kegiatan pesantren kilat (Sanlat) adalah pendidikan yang dilaksanakan dengan sistem ala pondok pesantren, tetapi dengan waktu yang lebih singkat. Biasanya, program ini berlangsung selama satu atau dua pekan di bulan Ramadhan.

Inti dari kegiatan pesantren kilat adalah memberikan pengetahuan agama Islam yang lebih mendalam kepada anak-anak usia sekolah, seperti halnya pengurus dan majelis taklim RT.009 RW.08 Asri Pratama melaksanakan pesantren kilat di aula Sehati RT.009 Asri Pratama

Berikut kegiatan yang dilakukan oleh pengurus dan majelis taklim RT.009 Asri Pratama diantaranya Sholat berjamaah, Kultum, Baca tulis Al Qur’an, Tadarus Alquran dan buka puasa bersama. “Sholat berjamaah mengajarkan anak-anak untuk memperkuat ikatan sosial dan hubungan spiritual dengan Allah SWT,” ungkap salah satu pengurus RT.009 Asri Pratama, Nanang Sutisna.

Selanjutnya ia juga menyampaikan bahwa kuliah tujuh menit alias kultum, merupakan ceramah singkat yang tujuannya memberikan motivasi, inspirasi, atau pemahaman agama. “Kultum disampaikan agar anak-anak selalu mendapatkan motivasi sehingga kelak dapat menjadi anak yang Sholeh dan Sholehah,” pungkasnya.

Informasi yang dihimpun koran perdjoeangan (20/3/2024) kegiatan pesantren kilat (Sanlat) tidak hanya di lakukan oleh pengurus dan majlis taklim RT.009 Asri Pratama saja, namun kegiatan serupa digelar hampir di sepuluh RT di lingkungan RW.08 Asri Pratama.

Kegiatan pesantren kilat juga diisi dengan kegiatan buka puasa bersama. Berbuka merupakan waktu yang membahagiakan bagi orang-orang yang sedang berpuasa, terlebih saat melakukannya bersama dengan teman-teman tentu sangat berkesan. (Yanto)