Pemkab Padang Lawas Berdayakan Masyarakat Pengangguran

  • Whatsapp

Padang Lawas, KPonline – Bertujuan untuk memberikan kesempatan bekerja dan berkarya bagi masyarakat yang tidak memiliki kerja atau pengangguran, Pemkab Padang Lawas melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Padang Lawas, gelar Pemberdayaan Tenaga Mandiri Wirausaha Tenaga Kerja Muda, Kamis (7/9/2017).

Dalam laporannya, Kabid Penempatan dan Kesempatan Kerja Disnaker Padang Lawas, Jonnedi Piliang menyebutkan, kegiatan ini diikuti sebanyak 40 orang tenaga kerja muda dari empat kecamatan.

“Peserta kegiatan ini ada 40 orang dari 4 desa di 4 kecamatan, yaitu Desa Siala Gundi, Kecamatan Huristak, Desa Tangga Bosi, Kecamatan Lubuk Barumun, Desa Botung, Kecamatan Batang Lubu Sutam dan dari Desa Hutaraja Lamo sosa, Kecamatan Sosa,” ujarnya.

Sementara, Kepala Disnaker Padang Lawas, Ramal Guspati Pasaribu mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk memberikan kesempatan bagi warga masyarakat Palas yang belum memiliki pekerja, untuk dibina dan diberikan kesempatan bekerja, secara kelompok.

“Untuk tahap pertama ini, ada 4 kelompok wirausahawan muda yang akan diberdaya gunakan, sehingga dapat memiliki kesempatan bekerja dan berkarya, serta bisa menciptakan penghasilan untuk keluarga,” katanya.

Didampingi Sekdakab Padang Lawas, Arpan Nasution dan Kepala Diskanak Padang Lawas, Abu Bakari selaku nara sumber kegiatan pemberdayaan, Plh. Bupati Padang Lawas, Ahmad Zarnawi Pasaribu menyampaikan, lewat kegiatan ini mampu menumbuhkan eksistensi wirausaha lokal yang didominasi kaum muda.

“Usaha mandiri adalah sebuah potensi yang harus ditumbuh kembangkan di tengah-tengah masyarakat Padang Lawas. Karena usaha mandiri memiliki fungai sebagai katup pengaman perekonomian masyarakat kita,” ujar Zarnawi.

Diharapkan, lewat kegiatan ini, kata Plh. Bupati Palas, dapat bermanfaat bagi masyarakat khususnya peserta pemberdayaan tenaga mandiri wirausaha, guna meningkatkan dan memajukan segala potensi lokal yang terdapat di daerah Padang Lawas ini.

“Tujuan akhir dari program ini adalah, terciptanya ekonomi kerakyatan yang mampu mendorong perekonomian masyarakat di Kabupaten Padang Lawas,” pungkas Zarnawi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *