Pekerja Galangan Kapal di Kalimantan Utara Bergabung dengan FSPMI

Tarakan, KPonline –¬†Pimpinan Pusat Serikat Pekerja Perkapalan dan Jasa Maritim Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (SPPJM FSPMI) bergerak cepat. Setelah mengadakan Rapat Kerja Nasional di Cirebon pada tanggal 16 hinggal 17 Juli 2017 yang lalu, pada hari Minggu (23/7/2017) Pimpinan Pusat SPPJM FSPMI sudah berada di Tarakan, Kalimantan Utara.

Kedatangan mereka di Bumi Paguntaka adalah untuk melantik sekaligus mengukuhkan serikat pekerja baru sebagai unit kerja SPPJM FSPMI.

Bacaan Lainnya

Kali ini, yang bergabung dengan SPPJM FSPMI adalah para pekerja di perusahaan PT. Kayan Marine Shipyard. Di pabrik yang memproduki kapal laut ini, ada sekitar 400 orang pekerja yang berpotensi menjadi anggota serikat pekerja.

Pelantikan dan pengukuhan pengurus PUK SPPJM FSPMI PT Kayan Marine Shipyard dilakukan langsung oleh Sekretaris Umum Pimpinan Pusat SPPJM FSPMI, Nani Kusmaeni. Nani datang ke Tarakan bersama Wakil Presiden DPP FSPMI Rustan dan Departemen Pengembangan Organisasi FSPMI, Nuryasin.

Prosesi pelantikan dan pengukuhan pengurus Pimpinan Unit Kerja Serikat Pekerja Perkapalan dan Jasa Maritim Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (SPPJM FSPMI).

Bagi FSPMI, setiap penambahan anggota adalah sebuah kehormatan. Hal ini menandakan bahwa organisasi yang memiliki anggota berbasis pekerja di sektor industri metal ini dipercaya dalam membela, melindungi, dan memperjuangkan anggotanya.

Lebih dari sekedar kehormatan, tetapi juga merupakan tanggungjawab. Bagaimanapun, sebagai sebuah organisasi perjuangan, FSPMI harus bisa menjawab tantangan anggota setelah mereka bergabung dengan organisasi ini.

Dengan bergabungnya pekerja galangan kapal di Kalimantan Utara ini semakin menguhkan eksistensi SPPJM FSPMI. Seperti diketahui, hingga saat ini sudah ada puluhan unit kerja di serikat pekerja angggota FSPMI yang dipandegani oleh Mukiswara (Ketua Umum) dan Nani Kusmaeni (Sekretaris Umum) ini.

Keanggotaan SPPJM FSPMI sudah meliputi 9 Provinsi, seperti Jawa Barat, Kepulauan Riau, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Gorontalo, Aceh, Jawa Timur, Sumatera Utara, dan Kalimantan Utara. Sebuah jangkauan yang luas. Bukan tidak mungkin jika jumlah anggota serikat pekerja ini akan terus bertambah, mengingat Indonesia adalah negara kepulauan — dimana laut menjadi salah satu sektor andalan.

Kepada kawan-kawan PUK SPPJM FSPMI PT Kayan Marine Shipyard, selamat bergabung dengan keluarga besar Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) dan sekaligus menjadi bagian dari Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) dan industriALL Global Union.

Daftar Sekarang

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.