PC dan PUK SPEE FSPMI Kabupaten Serang Kembali Adakan Rapat Rutin, Ini Yang Dibahas

Serang, KPonline – Rapat menjadi agenda penting dan sarana komunikasi serta koordinasi antara individu satu dengan individu lain.

Dalam AD/ART FSPMI pun dijelaskan hal demikian. Dalam memutuskan suatu keputusan baik secara musyawarah mufakat dilakukan dalam rapat.

Seperti yang dilakukan oleh Pimpinan Cabang Serikat Pekerja Elektronik Elektrik Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (PC SPEE FSPMI) Kabupaten Serang, Banten, mengadakan rapat rutin bersama PUK SPEE Kabupaten Serang.

Rapat ini digelar di Rumah Makan Dapoer Indah, Cikande, Serang, Banten, Sabtu (26/11/2022) malam.

Dalam agenda kali ini ada beberapa poin yang disampaikan antara lain :

1. Sosialisasi Data base Online
2. Strategi Pengupahan 2023 untuk masa kerja di atas 1 tahun.
3. Advokasi Internal dan PKB
4. Optimalisasi cos

Frengki, Ketua PC SPEE FSPMI Kab. Serang mengajak untuk mengevaluasi bersama terhadap kinerja di tingkat PC maupun PUK.

“Mari kita evaluasi sama-sama kinerja PUK maupun PC. Terutama tentang instruksi organisasi. Saya juga minta kerja samanya dari tiap PUK,” ujarnya.

Tak hanya itu, laporan terkait database disampaikan juga oleh Bidang Pendidikan dan Organisasi PC, Dadang Sadeli.

“Secara keseluruhan database yang sudah masuk 80%, hanya kemarin terkendala di PUK Haleyora Power Indonesia (HPI), ada masalah di pusat terkait penginputan, nanti akan terarah dengan HPI Nasional data tiap daerahnya,” kata Dadang.

Dadang juga menyampaikan bahwa ada penambahan internal di PUK Prima Indah Lestari sebanyak 12 orang, namun peluang masih besar sekitar 40 % dari total karyawan yang belum berserikat.

Menurutnya, tahun ini baru dilakukan pendidikan PKB, namun direncanakan akan dilakukan workshop pengupahan, mengingat masih banyak PUK yang belum kuat secara konsep melakukan perundingan upah di atas 1 tahun.

Hal serupa disampaikan oleh Isbandi Anggono, pengurus Bidang Advokasi dan Pembelaan.

“Organizer internal PUK itu harus menjadi target PUK juga, karena saat ini perusahaan manufaktur di bidang EE sudah sulit terlebih di Serang. Benar, kita juga perlu lakukan workshop pengupahan kita ajak kawan-kawan SPA lain, 2 tahun upah tidak ada kenaikan yang signifikan. Dengan adanya permenaker 18/2022 ini juga menjadi peluang untuk kita,” ucapnya.

Isbandi selaku anggota LKS Tripartite Kab. Serang juga menyampaikan perkembangan terakhir kondisi perburuhan dan persiapan pengupahan 2023.

“Dari hasil Depeprov saja masih 3 angka sebagai acuan UMP, nyatanya ini harus terus dikawal, jangan sampai lolos tidak sesuai dengan data real di lapangan tuntutan kita. Malah menjadi masalah untuk UMK,” jelas Isbandi.

Setelah penjabaran tentang laporan kerja ditutup dengan penggalangan donasi untuk musibah Gempa Cianjur, juga donasi untuk salah satu anggota PUK SPEE yang mengalami kecelakaan kerja di Jawa Timur. Penggalangan dana di tutup sampai Rabu, 30 November 2022. (Mia)