Organisasi Tidak Boleh Berhenti, Walaupun di Tengah Pandemi

  • Whatsapp

Pasuruan, KPonline – Wabah pandemi global Covid-19 di Indonesia setiap harinya kasus positif terus mengalami peningkatan tajam, sekitar seribuan per hari penambahannya.

Diperparah lagi pemerintah yang masif menggaungkan New Normal atau tatahan kehidupan normal baru di tengah pandemi yang menurut sebagian ahli bulan Juni-Juli merupakan fase puncak peningkatannya.

Peran serta semua lapisan masyarakat diharapkan bisa menerapkan protokol kesehatan ketat diantaranya selalu mencuci tangan atau membawa hand sanitizer, wajib menggunakan masker ketika keluar rumah, hindari kerumunan warga, dan tetap berdo’a meminta perlindungan kepada Allah SWT.

Tentunya sebagai organisasi sosial, Serikat Pekerja tidak boleh berhenti walaupun ditengah pandemi, organisasi harus tetap jalan sesuai instruksi dengan memanfaatkan media internet saat ini. Diantaranya dengan mengadakan :

1. WEBINAR
Webinar adalah singkatan dari web seminar, yaitu seminar yang dilakukan melalui situs web atau aplikasi berbasis internet. Teknik seminar ini memungkinkan pembicara membagikan materi melalui media elektronik maupun internet.

2. RAVI
Ravi atau Rapat Virtual yaitu rapat yang dilakukan secara virtual dengan media video conference. Adapun beberapa aplikasi yang dapat digunakan adalah :

A. Zoom
Zoom adalah aplikasi percakapan yang juga bisa digunakan sebagai alternatif video conference. Aplikasi ini bisa menampung hingga 100 orang dalam satu panggilan video.

B. WhatsApp (WA)
WhatsApp sebagai salah satu platform perpesanan terpopuler di dunia, ternyata juga bisa diandalkan untuk rapat kerja kecil-kecilan, WA terbaru hanya mampu menampung video call maksimal 8 orang termasuk pengguna.

C. Google Meet
Google memiliki aplikasi percakapan online bernama Hangouts Meet. Tidak seperti WhatsApp, Hangouts Meet memang didesain sebagai platform meeting profesional karena mampu menampung hingga 250 pengguna sekaligus dalam sekali panggilan video.

D. Skype
Sebagai salah satu aplikasi percakapan video terpopuler, Skype juga bisa digunakan sebagai alternatif untuk menggelar meeting virtual yang mampu menampung 25 orang dalam sekali panggilan video.

D. Facetime
Facetime merupakan aplikasi panggilan video khusus untuk produk besutanĀ Apple seperti iPhone, iPad, dan Pod Touch. Aplikasi ini mampu menampung hingga 32 orang dalam satu panggilan video.

3. PATWA
Patwa atau singkatan rapat via WA (WhatsApp) yaitu rapat yang dilakukan melalui aplikasi WA grup chat atau WAG dengan admin sebagai pengatur jalannya rapat dan bisa memuat maksimal 256 orang.

 

Penulis : Dede Faisal RA