Ngaprak Budaya Bekasi, Obon Tabroni Eksplorasi Salah Satu Masjid Tertua di Cibarusah

  • Whatsapp

Bekasi, KPonline – Untuk semakin memahami dan melestarikan budaya Bekasi, Obon Tabroni dan tim kembali mengeksplorasi budaya Bekasi yang jarang sekali mendapat perhatian pemerintah daerah.

Salah satunya adalah Masjid Perahu yang didirikan pada tahun 1619 oleh salah satu anak buah Pangeran Jayakarta yang bernama Raden Senopati Nata Kusuma, atau lebih dikenal dengan nama mbah Sena. Masjid ini terletak di jalan raya Serang-Cibarusah, Bekasi.

Bacaan Lainnya

Bangunan masjid ditandai dengan dua belah pedang dan atap susun tiga, sama seperti masjid perahu yang ada di Casablanca Jakarta. Apakah ini suatu kebetulan? Tapi dari sisi umur, masjid ini jauh lebih tua. Di atas atap terdapat hiasan unik yang sangat indah, lampu gantung di teras masjid pun menambah kesan kuno masjid ini.

Bangunan perahu di depan masjid juga mirip dengan masjid perahu di Jakarta. Apakah suatu kebetulan lagi?

Bangunan perahu ini merupakan hibah dari seorang tentara yang pernah berkunjung ke masjid ini. Di lantai dasar bangunan perahu terdapat tempat wudhu dan toilet yang bersih, sedangkan di lantai atas ada sebuah ruangan dan tempat penampungan air.

Di sebelah masjid terdapat sebuah bukit, di mana terletak makam mbah Sena. Beliau adalah pendiri kampung Cibarusah, sekaligus penyebar agama Islam di Bekasi dan sekitarnya. Karena itu makam ini ramai dikunjungi setiap malam jumat dan setiap hari raya umat Islam, oleh peziarah yang ingin mendoakan beliau atas jasa- jasanya.

Dalam eksplorasinya Obon menyayangkan bahwa saksi bisu paling sejarah di Cibarusah ini tidak diperhatikan pemerintah daerah. (*)

Pos terkait