Mudik Pakai Sepeda Motor? Berikut Tips Amannya

Mudik Pakai Sepeda Motor? Berikut Tips Amannya

Jepara, KPonline-Mengenai Mudik, sudah pasti jadi hal yang dinantikan oleh para buruh selama satu tahun. Mudik sendiri adalah kegiatan perantau/pekerja migran untuk kembali ke kampung halamannya yang mana di Indonesia identik dengan tradisi tahunan yang terjadi menjelang hari raya besar keagamaan seperti menjelang Lebaran. Dimana pada saat itu yang ditunggu-tunggu tidak lain ialah kesempatan untuk berkumpul dengan orang tua, keluarga serta sanak saudara di kampung halaman.

Menuju kampung halaman tentunya memerlukan sebuah transportasi, dan ini beragam di Indonesia. Mulai dari sepeda motor, bis, kereta api, kapal, hingga pesawat. Namun dengan alasan paling dominan dan dikira lebih efektif dan efisien bagi para pemudik, mereka lebih memilih menggunakan sepeda motor.

Apabila anda termasuk pemudik dengan sepeda motor, anda tentunya perlu memerhatikan tips berkendara secara aman dan nyaman saat mudik.
Berikut tips berkendara aman dan nyaman saat mudik yang kami kutip dari 1001insprirasiramadhan  :

1. Cek Kondisi Sepeda Motor

Sebelum mudik dengan sepeda motor, pastikan kendaraanmu berada dalam kondisi yang baik. Periksa seluruh bagian sepeda motor; mulai dari ban, rem, oli, lampu, termasuk kelengkapan surat-suratnya. Kalau perlu, servis sepeda motormu sebelum mudik supaya benar-benar siap untuk menempuh perjalanan jauh.

2. Hindari Membawa Barang Terlalu Banyak

Setelah memeriksa kondisi sepeda motor, perhatikan juga barang bawaanmu ketika mudik. Sebaiknya, hindari membawa barang terlalu banyak supaya tidak mengganggu kenyamanan dan keamanan saat berkendara. Selain itu, pastikan barang yang kamu bawa sudah diikat dengan kuat agar tidak jatuh saat di perjalanan.

3. Kenakan Perlengkapan Berkendara yang Tepat

Supaya perjalananmu lebih aman dan nyaman, jangan lupa untuk mengenakan perlengkapan berkendara yang tepat. Helm sesuai standar, jaket yang bisa menahan terpaan angin, sarung tangan, dan sepatu adalah perlengkapan wajib yang tidak boleh kamu lewatkan.

4. Segera Beristirahat Ketika Lelah

Perjalanan jauh tentu membuat badan terasa lelah. Jika dipaksakan, hal ini bisa saja memicu terjadinya kecelakaan karena konsentrasi yang menurun. Untuk itu, segeralah beristirahat ketika lelah di rest area yang sudah disediakan. Selain membuat tubuh lebih segar, istirahat juga bisa mengembalikan konsentrasi saat berkendara.

Dengan beberapa tips diatas, semoga perjalanan mudik anda lancar, aman, nyaman dan selamat sampai tujuan.

 

Facebook Comments

Comments are closed.