Menggunakan Peta Darat, Kang Usol Jajaki Sabang Marauke Lewat Udara

Medan, KPonline – Kang Usol panggilan akrab pria kelahiran 24 Januari 1959 bernama KTP Saleh Sudrajat ini mengelilingi Nusantara bermodalkan PETA yang lajim digunakan didarat, Jum’at (26/10/2018).

Seorang yang ramah dan sederhana ini merupakan anggota Wanadri. Dia berhasil terbang dengan hanya menggunakan pesawat jenis Trike dan menggunakan peta darat sebagai panduan arah.

Ide ini sendiri muncul sewaktu ia menjadi salah satu relawan pada gempa bumi di Jogja pada tahun 2006 silam. Akibat sulitnya melakukan pendataan dibencana tersebut.

“Pesawat lintas pendeklah solusinya,” ucap kang Usol menuliskan isi dalam benaknya beberapa tahun silam saat berbagi pengalaman kepada koresponden Media Perdhoeangan.

Dalam perjalanannya ia juga melakukan kampanye agar setiap daerah yang dikunjungi mau menyisikan sebagian dana/sumbangan untuk pembangunan Rumah Sakit Gawat Darurat.

Kebaikan-kebaikan itu dilakukannya demi kemanusian, demi kegunaan kita sebagai orang yang masih mampu meluangkan waktu, tenaga dan materi kepada mereka yang memerlukan.

Tetapi kini, sosok yang penuh dengan jiwa sosial itu telah pergi meninggalkan kita, meninggalkan penemuan-penemuan yang bisa kita pergunakan kedepannya untuk menjalankan, pertolongan untuk bencana yang sifatnya Darurat.

Selamat Jalan Kang Usol. (FZB)