Logam Selalu Terdepan Dalam Mengawal Umsk Karawang

  • Whatsapp

Karawang, KPonline- Logam selalu yang terdepan dalam pengawalan Umsk 2018 di buktikan oleh Pimpinan Cabang Serikat Pekerja Logam FSPMI Karawang dan beberapa perwakilan dari Puk-Puk Logam yang ada di Karawang.

Hari ini Jum’at tanggal 23 Februari 2018 Dewan Pengupahan Kabupaten dan Apindo melakukan perundingan Upah Minimum Sektoral Kabupaten 2018 di Kawasan Komplek Disnakertrans Kabupaten Karawang.

Bacaan Lainnya

Khususnya kami dari Serikat Pekerja Logam memberikan contoh kepada Serikat Pekerja Anggota lain nya yang ada di Kabupaten Karawang untuk ikut mengawal dalam Perundingan UMSK 2018 dari Sektor lain nya yang sudah mentanda tangani bersama antara Serikat Pekerja, Apindo dan Disnakertrans untuk upah sektoral yang di bagi menjadi 25 Sektor yang tadi nya dari 4 Sektor Yang sudah di Jadwalkan oleh Disnakertrans tentang perundingan berikut nya masing masing sektor.

Perundingan Umsk 2018 hari Jum’at ini telah di jadwalkan pada pkl 13.00 Wib sampai dengan 16.00 Wib Perundingan ini tentang Barang Logam, mesin bukan otomotive yang di hadiri oleh Dewan Pengupahan Kabupaten Karawang (Depekab Karawang) dan Asosiasi Perusahaan Indonesia Kabupaten Karawang (APINDO Karawang) dan di kawal oleh Perangkat Pimpinan Cabang Serikat Pekerja Logam Fspmi Karawang dan beberapa perwakilan Puk-Puk Serikat Pekerja Logam yang ada di Kabupaten Karawang.

Yang hadir pada perundingan Umsk hari ini dari Depekab Karawang khususnya Fspmi yaitu Syaefudin dan Rahmat Binsar, beberapa perwakilan dari Serikat selain Fspmi, dan APINDO Karawang. Ini lah berita acara perundingan hari ini sebagai berikut ;

1. Tim Perunding serikat pekerja meminta agar pihak perunding sektor barang logam, mesin bukan otomotive dari Apindo dapat menyampaikan data perusahaan sesuai peraturan Mentri Ketenagakerjaan nomor 7 tahun 2013.

2. Tim Perunding sektor barang logam, mesin bukan otomotive dan Apindo akan menyiapkan data perusahaan pada pertemuan berikutnya.

3. Serikat Pekerja menolak ada perundingan lanjutan karena jadwal Perundingan telah di tetapkan di Dewan Pengupahan Kabupaten dan di sepakati oleh semua unsur.

4. Tim Perunding barang logam, mesin bukan otomotive dari Apindo mengajukan tata tertib tersendiri dalam Perundingan barang logam, mesin bukan otomotive.

5. Tim Perunding Serikat Pekerja menolak usulan tata tertib dari Apindo tentang perundingan barang logam, mesin bukan otomotive, karena bertentangan dengan mekanisme perundingan tata tertib yang sudah di sepakati dalam dewan pengupahan Kabupaten (Depekab) Karawang oleh semua unsur.

6. Tim Perunding barang logam, mesin bukan otomotive dari APINDO mengajukan kenaikan upah minimum sektor barang logam, mesin bukan otomotive sebesar 5 % dari Upah Minimum Kabupaten (UMK) tahun 2018.

7. Tim Perunding Serikat Pekerja barang logam, mesin bukan otomotive menolak usulan kenaikan upah minimum sektor barang logam, mesin bukan otomotive dari APINDO, karena tidak rasional yang menjadikan nilainya lebih rendah dari Umsk Karawang tahun 2017.

8. Tim Perunding Serikat Pekerja mengusulkan kenaikan upah minimum sektor barang logam, mesin bukan otomotive adalah berdasarkan survey kebutuhan hidup layak (KHL) sebesar 23,76 %.

9. Perundingan hari ini di nyatakan tidak mencapai kesepakatan.

10. Tim Perunding Serikat Pekerja menyatakan di karenakan perundingan Upah sektor barang logam, mesin bukan otomotive antara tim perunding dari Apindo barang logam, mesin bukan otomotive dengan serikat pekerja tidak tercapai kemufakatan nilai, maka di kembalikan kepada tata tertib dewan pengupahan Kabupaten Karawang.

(Hsn)

Pos terkait