Kurangi Macet Saat Mudik Lebaran, Kapal Ro-Ro Jakarta – Surabaya Siap Dioperasikan

  • Whatsapp

Jakarta, KPonline – Sudah bukan rahasia umum, mudik lebaran selalu menyisakan cerita tentang macet. Terkait dengan hal itu, pemerintah berusaha dengan berbagai cara agar kemacetan saat mudik lebaran bisa dikurangi.

Salah satunya adalah dengan membuka jalur pelayaran kapal Roll On Roll Off (Ro-Ro) dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta -Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. Rute tersebut ditargetkan beroperasi sebelum Ramadan tahun ini.

Bacaan Lainnya

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menargetkan, jalur pelayaran kapal Ro-Ro Jakarta-Surabaya bisa beroperasi paling lambat sebelum bulan puasa tahun 2017. Dengan demikian diharapkan bisa mengurangi kemacetan saat mudik Lebaran tahun ini.

“Kami ingin sebelum puasa yang Jakarta-Surabaya sudah jalan,” tandas Budi.

Sebelumnya, Budi mengungkapkan jika Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimoeljono telah meminta kepada Kementerian Perhubungan agar segera mengoperasikan kapal Ro-Ro untuk lintasan Jakarta-Semarang-Surabaya. Tujuannya, agar beban jalan di pantura berkurang dan tidak cepat rusak.

“Tiap tahun jalur pantura diperbaiki, tapi rusak terus, sehingga biaya untuk perbaikannya sangat besar. Makanya kita buat alternatif untuk angkutan tersebut melewati jalur laut. Saya sudah diminta oleh Menteri PUPR untuk segera mengoperasikan kapal ro-ro tersebut,” ucapnya.

Untuk mendukung kelancaran angkutan kapal Ro-Ro, Menhub menuturkan akan melakukan penegakan hukum terhadap muatan truk yang melewati jalur pantura.

“Kita tegakkan aturan, truk harus sesuai kapasitas. Katakan truk tersebut maksimal 10 ton ya 10 ton, kalau lebih kembali, tidak ada istilah denda,” tegasnya.

Jika rute ini jadi beroperasi, bisa menjadi alternatif bagi kaum buruh yang hendak merencanakan mudik lebaran tahun ini. Setidaknya bisa mengurangi kemacetan di jalan-jalan, yang seringkali menyebabkan korban jiwa.

Pos terkait