Ketika Masyarakat Semakin Sadar Akan Perjuangan Buruh

  • Whatsapp
Massa FSPMI di depan PT EXELLENCE ( Foto : Tim Media Jawa Timur )

Sidoarjo, KPOnline- Selasa 03/03/2015 FSPMI melaksanakan aksi solidaritas untuk PUK PT SINAR ABADI CAN dan PUK PT EXELENCE QUALITY YARN keduanya berada di Desa Balongbendo Krian.

Titik kumpul pemberangkatan massa aksi berada di depan Sekretariat KC FSPMI SIDOARJO.Mengingat letaknya yang strategis maka banyak warga sekitar yang datang sekedar untuk menyaksikan adanya aksi hari ini.
Di atas Mokom tampak bung Sholeh berorasi mengangkat permasalahan buruh yang sedang terjadi,hal ini membuat warga yang melihat aksi ini menjadi faham akan latar belakang adanya aksi demonstrasi buruh yang akhir akhir ini sering mereka jumpai.

Bacaan Lainnya

Perwakilan warga berorasi.  ( Foto : Tim Media Jatim )
Perwakilan warga berorasi. ( Foto : Tim Media Jatim )

Disepanjang jalan yang kami lalui,kami gunakan hanya satu lajur jalan sehingga masyarakat lain masih bisa menggunakan akses jalan di lajur lain.Tak lupa dengan iringan lagu perjuangan ,para orator di atas mokom terus menyuarakan permasalahan yang sedang dihadapi masyarakat misal tentang kerusakan jalan,kenaikan harga bbm,kenaikan harga sembako dan lain lain dengan pendekatan pendekatan yang demikian masyarakat bisa simpati pada perjuangan yang kita lakukan.

Puncaknya saat tiba di Perusahaan PT EXELLENCE QUALITY YARN,Aparat keamanan baik dari kepolisian dan TNI sudah di depan pabrik.Massa aksi awalnya masih berjarak sekitar 20 meter dari aparat,karena pihak perusahaan tidak mau diajak berunding maka kita maju satu langkah tiap setengah jam ,walhasil karena bersikukuhnya manajemen membuat langkah kami sampai berhadap hadapan 20 centimeter dari aparat.

Hal ini berlangsung selama beberapa jam,memaksa aparat kepolisian yg berada di dalam pabrik segera mengenakan tameng ,helm ,dan peralatan lengkap dan bersiap di belakang gerbang.

Panasnya cuaca hari ini menambah suasana semakin tegang,melihat aparat yang di belakang gerbang,terbayang hal buruk akan terjadi pada massa aksi ,mungkin digigit anjing K9,dipukul pentungan,dan di pukul aparat namun massa aksi tidak mundur selangkahpun.

Di detik detik menegangkan itu tiba tiba datang pemuda pemuda dan warga sekitar bergabung bersama kami.Tak hanya ikut aksi bahkan beberapa orang termasuk bapak tua dengan pakaian lusuh dan bertelanjang kaki ikut berorasi di atas mokom. Mereka mengecam pengusaha PT EXELLENCE dan menyayangkan adanya aparat yang terkesan membela pengusaha.

Dalam orasi warga mereka juga berterima kasih pada FSPMI yg telah berani melawan pengusaha nakal di wilayah mereka dan membuka mata untuk turut serta dalam berjuang.

Sempat terjadi pergesekan antara massa aksi dan aparat,melihat hal ini warga semakin berang,akhirnya karang taruna setempat berinisiatif untuk mengajak konvoi di jalanan desa untuk mengajak warga lain bergabung dalam perjuangan ini.

Ide ini membuahkan hasil,warga sekitar pun satu persatu bergabung dalam konvoi,tidak hanya pemuda bahkan gadis,anak anak dan ibu ibu pun turut serta. Konvoi akhirnya kembali ke TKP.


Mengingat waktu sudah pukul 17.30 maka kami undur diri namun disaat yang sama warga berjanji untuk tetap menutup akses masuk ke pt exellence bila tuntutan tuntutan kita tidak segera di penuhi.

Pelajaran hari ini adalah bersama warga masyarakat maka semangat kita semakin berlipat dan nilai tawar akan semakin tinggi. (RR)

Tim Media FSPMI JAWA TIMUR.
RUMAH RAKYAT

Catatan : PT EXELLENCE QUALITY YARN memproduksi Benang.

PUK EQY tergabung dalam SPAI SIDOARJO.

Pos terkait