Kemana Gatot Nurmantyo Melabuhkan Dukungan?

Jakarta, KPonline – Nama Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo sempat muncul sebagai kandidat calon presiden. Tetapi langkahnya kandas. Di hari terakhir pendaftaran Capres – Cawapres, hanya ada dua pasangan calon.

Ketika Gatot Nurmantyo gagal maju, relawan pendukungnya yang tergabung dalam Relawan Selendang Putih Nusantara (RSPN) memutuskan mendukung pasangan Prabowo Subianto – Sandiaga Uno.

Bukan hanya relawan, calon wakil presiden Sandiaga Uno menyampaikan keinginannya agar Gatot Nurmantyo bergabung dengan tim pemenangannya. Gatot dianggap memiliki kesamaan cita-cita yang sama dengan Prabowo Subianto.

Apakah Gatot Nurmantyo akan melabuhkan aspirasi politiknya pada pasangan yang diusung Gerindra, PKS, PAN, dan Demokrat itu dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2019? Beberapa pengamat mengatakan, kemungkinan besar Gatot akan mendukung Prabowo. Selain sama-sama militer, Gatot pernah dikecewakan karena dicopot dari posisi Panglima TNI sebelum pensiun tiba.

Namun demikian, dalam politik semua bisa berubah. Sebab tidak hanya kubu Prabowo – Sandi, kubu Jokowi – Ma’ruf Amin pun juga menginginkannya.

Elemen buruh sendiri memiliki kedekatan dengan Gatot. Ketika masih menjabat, ia pernah melakukan pertemuan dengan buruh, pahlawan ekonomi.