Kaum Pekerja Muda Harus Mampu Berbicara di Depan Umum

Kaum Pekerja Muda Harus Mampu Berbicara di Depan Umum

Bogor, KPonline – Berbicara di depan umum merupakan salah satu teknik atau seni berbicara yang harus dimiliki oleh seorang pembicara untuk mampu menarik perhatian. Untuk mampu menarik perhatian, terdapat beberapa hal yang harus dipersiapkan oleh pembicara selain persiapan materi yang matang.

Setiap pemimpin pergerakan, khususnya pergerakan dan perjuangan kaum buruh, sudah seharusnya mampu berbicara didepan umum.

Meskipun bukan syarat mutlak untuk menjadi seorang pemimpin, akan tetapi, mampu berbicara didepan umum dengan baik dan benar, jelas, tegas serta menarik adalah salah satu ciri seorang pemimpin yang baik.

“Kaum pekerja muda harus mampu berbicara didepan umum,” tegas Bambang Soewarsono.

Menyampaikan informasi kepada khalayak umum, sekaligus menghibur dan juga menghibur para pendengar, merupakan beberapa hal yang harus dikuasai oleh setiap pembicara.

Bahkan didalam sambutan pembukaan Jambore Nasional Pekerja Muda SPAMK-FSPMI, Heriyanto selaku Ketua Umum PP AMK-FSPMI menyampaikan, bahwa salah satu hal yang membuatnya bingung dan gugup ketika menjadi Ketua PUK adalah bagaimana caranya berbicara di depan orang banyak.

Mempelajari cara-cara dan tehnik-tehnik ketika berbicara didepan orang banyak, setidaknya ada beberapa hal yang dapat kita pelajari dibalik itu semua.

“Diantaranya, kita akan mengetahui sampai dimana ketidaktahuan kita tentang orang-orang yang sedang kita ajak berkomunikasi,” ungkap Bambang Soewarsono disaat memberikan materi Public Speaking bagi peserta Jambore Nasional Pekerja Muda SPAMK-FSPMI.

Selain itu, secara langsung maupun tidak, kita juga akan mempelajari manajemen tekanan. Tidak banyak orang yang mampu berbicara didepan orang banyak, karena ada semacam tekanan disaat kita berbicara didepan orang banyak.

Satu lagi yang tidak kalah pentingnya, yaitu ketika kita berbicara didepan orang banyak, akan ada hubungan emosional yang terbangun, antara pembicara dengan orang-orang yang mendengarkan.

“Ada 3 (tiga) hal yang perlu diperhatikan dalam berbicara didepan orang banyak. Bakat, lingkungan dan latihan, merupakan hal-hal yang sangat berpengaruh bagi seseorang ketika berbicara di depan orang banyak,” tegas Bambang Soewarsono di depan seluruh peserta Jambore Nasional Pekerja Muda SPAMK-FSPMI yang diadakan di Grand Cempaka Resort, Cipayung, Bogor pada 6-8 Desember 2018. (RDW)

Facebook Comments

Comments are closed.