Jumat Bersih PT. Toyoda Gosei Safety Systems Indonesia

  • Whatsapp

Bogor, KPonline– Permasalahan kebersihan merupakan tanggung jawab kita semua, sejak dirumah, di lingkungan tempat tinggal, bahkan hingga di lingkungan tempat kerja. Bahkan, masalah kebersihan, khususnya permasalahan sampah, menjadi persoalan dunia. Karena setiap hari, ribuan ton sampah dihasilkan oleh seluruh warga dunia.

Permasalahan tersebut diatas dapat kita atasi dengan melakukan penerapan program 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat dan Rajin), yang merupakan adaptasi program 5S (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu dan Shitsuke) yang dikembangkan di Jepang dan sudah digunakan oleh banyak negara di seluruh penjuru dunia.

Bacaan Lainnya

Beragam cara dan teknis pelaksanaan 5R didalam sebuah perusahaan dilakukan. Bahkan, dibutuhkan sebuah ide atau gagasan yang brilian dan diluar kebiasaan. Berpikir diluar kotak dan batas pemikiran orang-orang kebanyakan, dan sangat sedikit orang-orang yang memiliki talenta dan cara berpikir yang berbeda, seperti melawan arus utama dan kebiasaan serta kebijakan yang semestinya.

“Berawal dari sebuah bentuk kepedulian seluruh karyawan PT. Toyoda Gosei Safety Systems Indonesia, baik dari pihak Management, seluruh karyawan, hingga pihak Serikat Pekerja, kegiatan Jumat Bersih ini diadakan, agar tumbuh rasa kepedulian seluruh karyawan terhadap area kerjanya masing-masing. Untuk sementara ini kegiatan 5R dilaksanakan setiap Jumat, dimulai pukul 08:30 WIB hingga 09:00 WIB. Hanya setengah jam. Tapi dampak positifnya yang bisa kita ambil sangat besar.” ungkap Indah Denas Tiarawati selaku Bidang LK3 PT. Toyoda Gosei Safety Systems Indonesia.

Rifky M Putra Human Resource Departement PT. Toyoda Gosei Safety Systems Indonesia menuturkan kepada awak Media Perdjoeangan Bogor, bahwa ini merupakan salah satu bentuk dan contoh bagaimana menyikapi sebuah permasalahan yang memang setiap hari terjadi. “Program dan kegiatan ini, bertujuan agar setiap karyawan turut andil dalam menyikapi 5R, khususnya kebersihan. Bergerak bersama dan menyelesaikan secara bersama-sama” tutur Rifky disela-sela kegiatan Jumsih (Jumat Bersih) pada Jumat 8 Maret 2019.

Jajaran Management PT. Toyoda Gosei Safety Systems Indonesia pun turut serta dalam kegiatan Jumat Bersih ini. Presiden Direktur PT. Toyoda Gosei Safety Systems Indonesia Tatsuo Ohashi, pun tidak mau ketinggalan dalam kegiatan Jumisih ini. “Inti dari program ini, agar tumbuh rasa kepedulian seluruh karyawan terhadap kebersihan, baik di area kerjanya maupun disetiap sudut lingkungan kerja. Selain itu, juga menumbuhkan rasa kebersamaan antara jajaran Management, seluruh karyawan dan juga serikat pekerja. Saling bahu membahu menyelesaikan segala permasalahan yang ada, terutama permasalahan kebersihan dan sampah” ungkap Susanti Dewi Direktur PT. Toyoda Gosei Safety Systems Indonesia. (RDW)

Pos terkait