Jogo Tonggo, BP Ketenagakerjaan Provinsi Jawa Tengah Bagikan Sembako dan Masker

  • Whatsapp

Semarang, KPonline – Pandemi Covid-19 yang melanda di Indonesia sejak tanggal 1 Maret 2020 memberikan dampak yang luar biasa bagi seluruh aspek lapisan masyarakat. Usaha pemerintah dalam menanggulangi dengan berbagai kebijakan dan himbauan sudah dilakukan, tak luput peran serta masyarakat untuk meminimalisir penularan covid-19 dengan mentaati anjuran seperti mencuci tangan dengan sabun atau handsanitizer, memakai masker, social distancing, dan mengurangi bepergian keluar kota.

Adapun dampak bagi buruh dengan adanya wabah Covid-19 yaitu perusahaan mengambil kesempatan untuk meliburkan karyawan alias dirumahkan dengan kompensasi gaji beraneka ragam dan yang terparah yakni maraknya PHK.

Inisiasi dari BP Ketenagakerjaan Provinsi Jawa Tengah untuk meringankan beban hidup buruh yang terkena dampak Covid-19 tersebut dengan diadakannya pembagian sembako dan masker, sesuai tema yang diusung “Pakai Masker” dalam agenda tersebut yang bertempatkan di gedung Wakil Gubernur Jawa Tengah. (04/05/2020)

Dalam sambutannya H. Taj Yasin Maimoen berpesan, ” Mari bersama secara gotong-royong kita menghentikan penyebaran virus corona ini dengan mematuhi apa yang sudah di anjurkan oleh pemerintah”.

Program Jogo Tonggo yang sudah digaungkan seyogyanya dapat dilaksanakan dengan baik karena gugus terdepan sebenarnya adalah kita. Jika kita sendiri tidak disiplin maka tak heran mata rantai pandemi covid-19 tak kunjung usai.

Beliau sangat mengapresiasi apa yang menjadi program dari BP Ketenagakerjaan provinsi Jawa Tengah ini di tengah pandemi covid-19.

Dalam laporannya Suwilwan Rachmat selaku Deputi Direktur Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Kantor Wilayah Jawa Tengah dan DIY mengatakan,

“Dalam memperingati May Day tahun ini dan kebetulan dengan adanya virus corona, maka BP Ketenagakerjaan tetap melaksanakan edukasi yang sudah menjadi program kerja akantetapi kali ini dikemas dalam bentuk bakti sosial yang diperuntukkan pekerja/buruh yang ada di Jawa Tengah.

Adapun program bakti sosial serentak dilakukan di Jawa Tengah meliputi :
1. Pembagian 2000 sembako beserta masker melalui 12 Kantor Cabang BP Ketenagakerjaan yang tersebar di Kota/Kab di Jawa Tengah.
2. Promotif dan preventive dengan membagikan 12.000 vitamin dan 60.000 masker kain kepada pekerja/buruh serta pembagian 600 APD ke rumah sakit yang telah bekerja sama dengan BP Ketenagakerjaan.

Turut hadir selain perwakilan dari Serikat Pekerja/Buruh dari FSPMI, FS Kep, KSPN, SPSI, Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Provinsi Jawa Tengah Ibu Sakina Roselasari beserta Staf.

Penyerahan sembako simbolis dilakukan 2 dari perwakilan Serikat/Buruh yang hadir beserta WaGub, Kadin Disnakertrans Provinsi Jawa Tengah.

(BDY)