JCM & Industriall Adakan Workshop Hubungan Industrial Yang Konstruktif

  • Whatsapp

Karawang,KPOnline – Japan Council of Metalworkers Union (JCM) dan IndustriAll Global Union mengelar workshop hubungan industrial dengan tema ” Workshop Industrial Indonesia Menuju Hubungan Industrial Yang Konstruktif ” di Karawang Jawa Barat.

Sekretaris Jenderal JCM Koichi Asanuma menyatakan dalam sambutanya pada pembukaan acara mengatakan ” Penting bagi serikat pekerja dan pengusaha untuk mencari dan membangun pola hubungan industrial yang sehat melalui proses komunikasi yang baik agar tidak terjadi konflik berkepanjangan”.

Sementara Kan Matsuzaki selaku salah satu direktur IndustriAll Global Union mengigatkan kepada pekerja dan manajemen terkait banyaknya perusahan Cina, Korea dan Amerika yang melakukan akuisisi terhadap perusahaan Jepang.

” Berlakunya MEA dan juga proses Akuisisi beberapa perusahan Jepang oleh Korea, Amerika dan China seperti yang terjadi pada Toshiba dan lainya perlu di antisipasi oleh semua pihak mengingat mereka tidak mempunyai budaya serikat pekerja di negaranya.” ujar Kan Matsuzaki

” Saling tidak percaya merupakan salah satu permasalahan hubungan industrial di Indonesia, untuk itu semoga workshop ini bisa mencarikan solusinya” tambahnya.

Workshop ini merupakan workshop yang ke 7 kalinya di selengarakan sejak tahun 2010.