Jamkeswatch Bogor Lakukan Penyuluhan di PT Sonoco Indonesia

  • Whatsapp

Bogor,KPonline –  Jamkeswatch Bogor-Depok Regional 1 mendapat undangan dari PUK SPAI-FSPMI PT. Sonoco Indonesia yang beralamat di Jalan Pancasila 4 Km, 9 Desa Cicadas Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, untuk mengadakan penyuluhan atau sosialisasi. Undangan ini menjadi bagian dari program kerja Divisi Organisasi dan Pendidikan.

Penyuluhan terkait jaminan kesehatan ini diselenggarakan pada Kamis, 25 Mei 2017, dan dihadiri sekitar 200-an anggota FSPMI PUK SPAI-FSPMI PT.Sonoco Indonesia dan beberapa orang perwakilan manajemen perusahaan.

Mendengarkan pemaparan dengan lenuh perhatian.

Dalam sambutannya, Ketua PUK SPAI-FSPMI PT. Sonoco Indonesia, Handoko, mengucapkan terima kasih atas kedatangan Team Relawan Jamkeswatch Bogor- Depok Regional 1. Selain itu, dalam sambutannya, Handoko berharap dari internal PUK SPAI-FSPMI PT. Sonoco Indonesia ada yg bisa bergabung menjadi Relawan Jamkeswatch Bogor-Depok, khususnya di kawasan Regional 1 (Gunung Putri).

Hadir juga dalam sosialisasi tersebut perwakilan managemen perusahaan, Magdalena, yang sangat mendukung kegiatan-kegiatan positif seperti ini. Sebenarnya sampai akhir Mei 2017 perusahaan memberikan jaminan kesehatan melalui asuransi AIA. Namun mulai Juni 2017 seluruh karyawan PT. Sonoco Indonesia sudah menjadi peserta BPJS Kesehatan.

Ketua Jamkeswatch Bogor-Depok Regional 1, Aden Artha Jaya, menjelaskan secara detail awal pembentukan Jamkeswatch. Dia mengatakan, tujuan adanya Jamkeswatch dan juga berbagi pengalaman yang di sampaikan oleh Team Relawan Jamkeswatch selama melakukan pendampingan pasien seperti contoh kasus pasien di tolak rumah sakit, tidak ada kamar, obat harus bayar, biaya ambulance, dan lain sebagainya.

Suasana sosialisasi/penyuluhan dari Jamkeswatch Depok-Bogor untuk anggota PUK SPAI FSPMI PT Sonoco Indonesia.

Selain itu, dalam sosialisasi tersebut adanya harapan dari Jamkeswatch, ada anggota PUK SPAI-FSPMI PT. Sonoco Indonesia ada yang bersedia menjadi Relawan Jamkeswatch.

Dalam hal ini, Relawan Jamkeswatch akan memberikan bimbingan, dan berharap para calon Relawan Jamkeswatch tidak takut dalam melakukan pendampingan pasien untuk advokasi.

Di akhir sosialisasi ini, ada 4 orang yang kemudian menyatakan kesiapannya untuk bergabung dalam Team Relawan Jamkeswatch Bogor-Depok.

Penulis: Team Media Perdjoeangan Bogor dan Team Media Jamkeswatch Bogor-Depok Regional 1