Jamkeswatch Bogor Gandeng BPJS KCU Bogor Lakukan Sosialisasi

Foto bersama usai sosialisasi. | Foto: Kascey
Foto bersama usai sosialisasi. | Foto: Kascey

Bogor, KPonline – Jamkeswatch Bogor mendapat banyak laporan dan pengaduan dari Peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) terkait adanya kendala dalam pelayanan pasien peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan masyarakat Penerima Bantuan Iuran (PBI). Kendala yang dihadapi masyarakat, salah satunya adalah tidak mendapatkan pelayanan kesehatan sebagaimana mestinya. Sebab yang dominan, karena tidak memahami prosedur.

Sehubungan dengan itu, Jamkeswatch Bogor gencar melakukan sosialisasi. Salah satunya dilakukan pada hari Rabu (30/3/2016), bertempat di ruang training PT. Niro Ceramic Nasional Indonesia (NCNI). Dalam sosialisasi tersebut, Ketua Koordinator Jamkeswatch Bogor dan Depok Heri Irawan menyampikan kepada peserta untuk bersama-sama belajar dan mengawal Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dikelola oleh Badan penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan).

“Mari kita sama –sama kawal JKN yang dulu kita perjuangkan. Bahkan ada banyak kawan kita yang menjadi korban. Ada yang dipukuli pereman dan banyak yang luka-luka ketika meperjuangkan JKN ini. Kita harus sama – sama belajar. Minimal pada saat keluarga atau tetangga mendapat kendala dalam pelayanan kesehatan, kawan-kawan tau apa yang harus dilakukan. Dapat mengadvokasi diri sendiri, keluarga dan saudara yang lainya,” kata Heri.

Heri juga menjelaskan untuk memperkecil froud atau kecurangan ditingkat implementasi Jaminan Kesehatan Nasional Jamkeswatch Bogor dan Depok mempunyai strategi perjuangan mereka yaiutu Konsep, Lobi, Aksi (KLA) akan tetap digunakan untuk mengadvokasi baik regulasi atau kebijakan instansi. Apalagi, Sosialisasi, Konsultasi, Advokasi (SKA) , minim dan kurangnya sosialisasi dari BPJS dan Pemerintah kepada masyarakat membuat banyaknya kendala yang terjadi didalam pelayanan JKN.

“Sampaikan kepada masyarkat atau pekerja/buruh bisa undang kami JamkesWatch untuk sosialisasi seputar JKN GRATIS, baik di pabrik ke pabrik atau dari publik ke publik, ditingkat kecamatan, atau Kelurahan, RT/RW dan komplek-komplek perumahan, mudah –mudahan dengan mengedukasi masyarkat, pekerja/buruh akan tau apa hak dan kewajibanya serta dapat memperkecil tindakan kecurangan dalam program JKN , boleh juga Konsultasi kepada kami seputar JKN GRATIS baik langsung atau lewat telpon, jika memang kami harus turun kerumah sakit untuk advokasi, insyaalloh kami juga siap bantu advokasi.”

Acaranya dilanjutkan diisi dengan materi sosialiasi seputar JKN yang disampaikan langsung oleh Kepala Unit Kepatuhan KCU Bogor Rudi Darmawan. Di akhir sosialisasi, banyak pertanyaan dari peserta seputar kendala dalam pelayanan pada program JKN yang dijawab langsung oleh dokter Winda (Perwakilan BPJS KCU Bogor).

“Bagi masyarakat atau pekerja buruh di Bogor – Depok dan sekitarnya yang ingin mengundang sosialisasi Jaminan Kesehatan Nasional GRATIS dapat menghubungi e-mail jamkeswatchbogor@gmail.com atau WA 085888317429,” kata Heri. (*)

Facebook Comments