Jamkeswatch Bicara : Program Penulisan Jejak Juang Relawan Kesehatan

  • Whatsapp

Jakarta, KPonline – Dewan Pimpinan Nasional Jamkeswatch bekerjasama dengan Media Perdjoeangan menyelenggarakan Program Penulisan dan Penerbitan Jejak Juang Relawan Jamkeswatch dalam Mengadvokasi Jaminan Kesehatan.

Program ini bertujuan untuk memfasilitasi relawan Jamkeswatch guna menceritakan pengalamannya selama terjun ke masyarakat untuk melakukan advokasi jaminan kesehatan. Sebagaimana kita ketahui, selama ini para relawan bekerja di dalam sunyi. Dunia harus tahu apa yang terjadi dengan orang-orang yang mendedikasikan dirinya untuk memberikan pertolongan kepada yang membutuhkan ini.

Bacaan Lainnya

Program ini merupakan perpaduan antara pelatihan dan praktek menulis. Pelatihan diberikan sebagai bekal bagi relawan untuk menuliskan jejak juang yang mereka lakukan selama ini. Setelah itu, peserta akan dibimbing untuk menulis hingga menghasilkan sebuah draft tulisan yang siap untuk diterbitkan. Rencananya, selain akam diterbitkan dalam bentuk buku karya bersama (antologi), juga akan diterbitkan secara bertahap di KPonline dan KPcetak.

Pertemuan pertama dilakukan pada hari Rabu tanggal 4 April 2018 jam 09.00 – 15.00 wib di Lt 3 Kantor DPP FSPMI, Jakarta. Semua peserta yang mengikuti program ini wajib hadir tepat waktu dan mengikuti pelatihan hingga usai.

Selanjutnya, diskusi akan dilakukan melalui grup WhatsApp yang dibuat khusus untuk ini. Hingga benar-benar dihasilkan sebuah naskah yang siap untuk diterbitkan.

Dalam prosesnya, peserta akan dibimbing oleh Kahar S. Cahyono yang merupakan Deputi Direktur Jamkeswatch (Bidang Media dan Propaganda) dan Kepala Departemen Komunikasi dan Media KSPI.

SYARAT DAN KEWAJIBAN PESERTA

1. Peserta adalah relawan Jamkeswatch yang mendaftarkan diri dan berkomitment untuk mengikut program ini hingga selesai.

2. Pendaftaran peserta dilakukan dengan mengirimkan pesan ke nomor WhatsApp berikut: 0859 45731398. Adapun formatnya adalah sebagai berikut: RELAWAN JAMKESWATCH BICARA – Nama Lengkap – Daerah – Afiliasi. Contoh: RELAWAN JAMKESWATCH BICARA – Dwi Sujatmiko – Kota Bekasi – Aspek Indonesia.

3. Jumlah peserta dibatasi maksimal 30 orang. Pendaftaran akan ditutup sewaktu-waktu jika jumlah peserta sudah memenuhi target.

4. Peserta wajib hadir dalam pertemuan yang diselenggarakan pada hari Rabu tanggal 4 April 2018 jam 09.00 – 15.00 wib di Lt 3 Kantor DPP FSPMI, Jakarta, tepat waktu dan mengikuti pelatihan hingga usai.

5. Selanjutnya, bimbingan dan komunikasi akan dilakukan melalui grup WhatsApp yang dibuat secara khusus untuk itu.

6. Disarankan membawa laptop dan alat tulis sendiri. Jika tidak memiliki laptop, proses menulis bisa dilakukan melalui aplikasi yang ada di dalam handphone.

7. Peserta tidak keberatan tulisannya dibuat untuk kepentingan campaign dan propaganda Jamkeswatch dan/atau KSPI, demi mewujudkan jaminan kesehatan yang lebih baik. Diterbitkan dalam bentuk buku, media cetak, maupun online.

Pos terkait