Inspirasi Buruh : Memanfaatkan Lahan Kosong di Perumahan

  • Whatsapp

Bogor, KPonline, – Luas rata-rata di kompleks-kompleks perumahan sekitar kurang lebih antara 60 meter persegi hingga 72 meter persegi. Kalaupun ada yang lebih luas, biasanya posisi rumah tersebut berada pada posisi hook atau bersebelahan dengan fasilitas umum atau fasilitas sosial yang ada didalam kompleks perumahan tersebut. Sehingga, dengan luas tanah yang kurang memadai tersebut, maka dibutuhkan kreasi dan imajinasi yang dalam mensiasati luas lahan yang ada. Terlebih jika kita ingin menyalurkan hobby kita dalam hal agrikultur, tanaman dan tumbuhan, dan hal-hal yang berhubungan dengan dunia botani.


“Awalnya iseng-iseng bersama tetangga-tetangga yang ada di kompleks perumahan. Tapi lama kelamaan ternyata malah mengasyikan,” ujar Dani Andriyanto, kepada Media Perdjoeangan pada Sabtu, 4 Juli 2020. Dia pun menuturkan, ternyata “keisengan” dirinya dan beberapa warga lainnya tersebut menginspirasi warga perumahan yang lain yang tinggal di perumahan Puri Harmoni 7, Cikahuripan, Klapanunggal, Bogor, untuk menghijaukan lingkungan perumahan.

Bacaan Lainnya

“Malah sekarang sudah menghasilkan secara materi. Meskipun tidak seberapa secara materi, tapi ada kepuasan tersendiri bagi saya pribadi dan warga perumahan lainnya,” terang pria yang akrab disapa dengan panggilan Bang Navi ini.

Berdasarkan pantauan langsung Media Perdjoeangan di lapangan, sudah ada lahan kosong yang telah digunakan oleh Dani Andriyanto dan warga perumahan lainnya, untuk lahan tanaman hidroponik mereka. “Sementara ini baru sawi, pak coi, kangkung, bayam dan kacang panjang. Khusus kacang panjang, untuk sementara masih menggunakan polybag. Karena kami pun masih tahap belajar, belum ahli dalam hal tanaman hidroponik,” jelas pria yang juga merupakan Koordinator Area Garda Metal kawasan Gunung Putri dan Wanaherang ini.

“Untuk warga perumahan atau warga yang lain, yang mau membeli hasil tanaman hidroponik kita, biasanya saya posting dahulu melalui Whatsapp atau Facebook. Bahkan istri saya pun ikut turun tangan juga, kalau ada ibu-ibu dari warga perumahan yang mau membeli hasil tanaman hidroponik,” tutur Dani Andriyanto yang juga Ketua RT 002 RW 20 Perumahan Puri Harmoni 7, Cikahuripan, Klapanunggal, Bogor.

Kedepannya, dirinya dan beberapa warga perumahan lainnya memiliki cita-cita yang lain. “Yang tinggal di perumahan ini juga rata-rata buruh. Untuk mencari sarana hiburan dan yang lainnya cukup jauh. Untuk jangka pendek, kita disini berencana untuk membuat taman penghijauan sekaligus taman bermain. Malah kalau ada rezeki, harapannya ingin membangun taman rekreasi air seperti kolam renang,” pungkasnya. (Tendy/Editor: RDW)

Pos terkait