Ini Yang Disampaikan Presiden KPBI Saat Hadiri Konsolidasi Akbar Buruh Bekasi Melawan

  • Whatsapp

Bekasi, KPonline – Presiden Konfederasi Persatuan Buruh Indonesia (KPBI) Ilhamsyah turut hadir dalam rapat akbar Buruh Bekasi Melawan (BBM) di Omah Buruh Bekasi, Kamis (18/6/2020) sore.

Ihamsyah turut berorasi membakar semangat ribuan buruh Bekasi yang hadir dalam konsolidasi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan menggunakan masker.

Bacaan Lainnya

Di hadapan buruh Ihamsyah menyampaikan, konsolidasi yang diadakan Buruh Bekasi Melawan dapat memperkuat persatuan gerakan buruh di tingkat akar rumput (bawah).

Ia menilai gerakan persatuan akar rumput sangat penting untuk melawan RUU Cipta Kerja (Omnibus Law) yang saat ini gencar digaungkan pemerintah.

“Dulu buruh Bekasi pernah menorehkan sejarah bagi gerakan buruh di Bekasi dan Indonesia, mudah-mudahan BBM ini jauh lebih besar, kuat dan solid,” ujar Ilhamsyah.

Pria yang biasa disapa Bung Boing ini menegaskan, Konfederasi yang dipimpin olehnya (KPBI) secara tegas menolak seluruh pasal yang ada di RUU Omnibus Law, tidak hanya kluster ketenagakerjaan saja, akan tetapi semua kluster, KPBI menolak dengan tegas.

Untuk itu KPBI berharap, persatuan gerakan buruh harus bisa menjadi pelopor bagi gerakan rakyat lainnya.

“Persoalan Omnibus Law adalah satu hal yang paling mendasar bagi rakyat Indonesia. Apabila Omnibus Law ini disahkan, maka anda bisa bayangkan, tadi di perburuhan kita sudah tahu, di pedesaan perampasan tanah akan semakin masif, konflik agraria akan semakin masif karena kebutuhan investasi untuk pengadaan lahan itu sangat besar jumlahnya, sehingga kampung-kampung yang terkena dampak akan tergusur, akan dipaksa keluar dari tanahnya. Begitu juga dampak dari lingkungan, generasi yang akan datang, anak cucu kita, saudara kita, akan merasakan dampaknya dari Omnibus Law yang ada pada hari ini, “tegas Ilhamsyah berapi-api.

Selain Ilhamsyah, hadir juga Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal, Sekretaris Jendral FSPMI Riden Hatam Aziz, Anggota DPR RI Obon Tabroni, Ketua DPRD Kabupaten Bekasi Aria Dwi Nugraha dan para pimpinan aliansi Buruh Bekasi Melawan. (Pur)

Pos terkait