HUT LKBN Antara Diwarnai Aksi

  • Whatsapp

Jakarta, KPonline – Karyawan Perum LKBN Antara kembali melakukan aksi pada Kamis (13/12) bersamaan dengan peringatan hari ulang tahun ke-81 kantor berita itu setelah pada aksi sebelumnya, Selasa (4/12), massa aksi tidak ditemui Direktur Utama Meidyatama Suryodiningrat.

“Tuntutan pada aksi ini adalah meminta Kementerian Badan Usaha Milik Negara untuk mengevaluasi direksi LKBN Antara yang tidak mengedepankan dialog dengan karyawan, tidak menghargai kesepakatan yang sudah dilakukan manajemen dengan karyawan dan melanggar sejumlah pasal dalam Perjanjian Kerja Bersama,” kata Ketua Serikat Pekerja Antara Abdul Gofur di Jakarta, Kamis.

Bacaan Lainnya

Gofur mengatakan tuntutan pada aksi sebelumnya adalah kenaikan gaji 2018, pembayaran jasa produksi, tanda jasa pengabdian, pengangkatan karyawan pekerja waktu tidak tertentu (PKWT) dan penandatanganan Perjanjian Kerja Bersama yang sudah disepakati.

Menurut Gofur, manajemen LKBN Antara telah melanggar sejumlah pasal dan ayat pada Perjanjian Kerja Bersama, antara lain tidak ada kenaikan gaji pada 2018 dan pemberian tanda jasa pengabdian yang tidak sesuai.

“Di tengah pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan, Direksi juga tidak mau segera menandatangani pembaruan Perjanjian Kerja Bersama yang sudah selesai dirundingkan dan malah meminta sejumlah perubahan atas naskah yang sebelumnya sudah disepakati,” jelasnya.

Gofur mengatakan perselisihan hubungan industrial antara manajemen LKBN Antara dan karyawan telah diadukan ke Kementerian Ketenagakerjaan dan saat ini pada tahap klarifikasi.

“Mediator Kementerian Ketenagakerjaan sendiri telah berpendapat pelanggaran terhadap Perjanjian Kerja Bersama bukanlah sebuah wanprestasi, melainkan perbuatan melawan hukum,” katanya.

Karena itu, pada aksi yang dilakukan bertepatan dengan hari ulang tahun LKBN Antara, karyawan akan meminta Kementerian Badan Usaha Milik Negara mengevaluasi direksi yang tindakannya selama ini telah dapat dikategorikan sebagai perbuatan melawan hukum.

“Karyawan peserta aksi akan mendatangi Auditorium Adhyana yang berada di lantai dua Wisma Antara, lokasi peringatan hari ulang tahun yang dimeriahkan penampilan band Kotak, kemudian menuju ke Kementerian Badan Usaha Milik Negara,” jelas Gofur.

Pos terkait