Gerakan Relawan Obon Tabroni Membawa Semangat Perubahan

  • Whatsapp

Bekasi, KPonline – Pagi itu cuaca di Cikarang Selatan cerah. Aktivitas warga perumahan Ciantra terlihat sepi. Mungkin karena hari libur, sehingga banyak warga yang tidak pergi ke pabrik seperti biasa. Sebagian besar warga perumahan memang berprofesi sebagai buruh pabrik.

Letak perumahan Ciantra bisa dikatakan strategis karena dekat dengan kawasan industri Ejip, Hyundai, dan Delta Silicon. Maklum ini adalah hari Minggu. Bertepatan pula dengan 25 Desember 2016, hari raya Natal. Terlihat beberapa keluarga sedang bersiap-siap akan pergi ke tempat wisata. Tapi itu mereka, bukan aku.

Bacaan Lainnya

Aku dan sebagian kawanku yang tergabung menjadi relawan Obon Tabroni – Bambang Sumaryono sudah punya agenda sendiri untuk mengisi hari libur. Agenda hari libur kami adalah sosialisasi kepada warga setempat agar mereka memberikan suaranya kepada pasangan independen nomor urut 3 dalam Pilkada Kabupaten Bekasi.

Pukul delapan pagi, kami sudah berkumpul di rumah kawan kami bang Wagiyanto. Di rumah kawan kami ini sudah ada beberapa orang relawan yang menunggu lengkap dengan alat peraga kampanye.

Hari ini kami akan kembali bergerak keliling perumahan sekitar. Kali ini adalah perumahan Bumi Cikarang Asri dan Griya Ciantra. Memang jumlah kami tidak sebanyak hari sabtu kemaren. Aku bersama 11 orang relawan obama mengenakan kaos dengan warna khas pasangan independen nomor urut 3, oranye.

Sambil menghabiskan kopi dan beberapa batang rokok kami berbicara mengenai teknis pelaksanaan sosialisasi. Bang Mudrik selaku ketua team relawan hari ini memberikan kata-kata penyemangat.

“Waktu kita tinggal sedikit, tinggal sebulan lagi pilkada kabupaten Bekasi akan di laksanakan. Kita harus bergerak kencang untuk terus sosialisasi kepada warga setempat. Meskipun hari ini adalah hari libur, kita tidak boleh berleha-leha di rumah atau liburan. Kita akan terus tancap gas mengajak warga ikut mencoblos nomor 3 untuk mewujudkan bekasi baik dan benar, kata beliau dengan nada agak tinggi,” katanya.

Setelah selesai berdo’a, kami lekas berangkat ke tempat sosialisasi. Meskipun cuaca terik karena sudah beberapa hari terakhir tidak turun hujan, kami tetap semangat bersosialisasi kepada warga. Ada yang dor to dor menemui warga, berbicara dari hati ke hati sambil membagikan kalender bergambar Obon Bambang, ada juga yang menempel stiker maupun poster di tempat-tempat trategis. Melihat kawan kawanku begitu semangat akupun juga semakin semangat untuk terus bergerak.

Rasa capek dan lelah tidak begitu kami rasakan. Bagi kami menjadi relawan Obon adalah cara kami untuk berjuang bersama untuk perubahan kabupaten Bekasi.

Tidak hanya di sini, karena di hari yang sama relawan obbama yang tersebar di 23 kecamatan di kabupaten Bekasi juga melakukan hal serupa. Bahkan setiap aku buka beranda facebook ku beberapa minggu terakhir, penuh dengan foto relawan obama yang juga bergerak keliling kampung-kampung dan perumahan untuk sosialisasi kepada warga setempat.

Dalam hati aku berfikir, memang tidak mudah mewujudkan perubahan di kabupaten bekasi. Tapi bersama Obon Tabroni dan Bambang Sumaryono kami yakin Bekasi baik dan  benar bisa terwujud. Apalagi gerakan relawan obama yang tersebar di pelosok kabupaten bekasi mempunyai jiwa dan semangat yang sama, yaitu semangat perubahan Bekasi.

Tidak salah jika aku menyebut gerakan mereka adalah semangat perubahan untuk Bekasi. Dengan memulai hal hal kecil seperti yang dilakukan relawan obama maka  Bekasi sehat, berkarakter, dan berkreasi dengan pemerintahan yang bersih dan berkeadilan bisa terwujud bersama Obon Tabroni dan Bambang Sumaryono.

Tanggal 15 Februari 2017 adalah hari pelaksanaan pilkada Bekasi yang akan menjadi masa penentuan bagi kehidupan warga Kabupaten Bekasi, untuk 5 tahun yang akan datang. Jangan mau di bodoh-bodohi lagi dengan money politik. (*)

Penulis: Darmadi
Foto: Sunarji

Pos terkait