FSPMI Tangerang Kirim 150 Massa Aksi Solidaritas Ke PT. D&C Engineering Company

  • Whatsapp
Ketua Pimpinan Cabang SPEE FSPMI Tanger

Tangerang, KPonline – Ratusan buruh Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Kab/Kota Tangerang dan Tangerang Selatan, akan melakukan aksi solidaritas ke kantor PT. D&C Engineering Company, KYK Building, Jalan Cideng Barat, Jakarta, Kamis (16/07/2020)

Diberitakan sebelumnya, Judy Winarno selaku Ketua Pimpinan Pusat Serikat Pekerja Elektronik Elektrik (PP SPEE) FSPMI menerangkan bahwa PT. D&C Engineering Company melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) sepihak terhadap 51 pekerja di PLTU Cilacap.

“Ke 51 pekerja tersebut adalah bagian operasional dan pemeliharaan PLTU yang dipilih masuk dalam datfar list untuk melakukan program penyelamatan pasokan listrik di PLTU Cilacap dalam situasi Covid-19 dengan cara di karantina tidak boleh pulang ke rumah.” Lanjutnya

Perlu diketahui, PLTU Cilacap adalah perusahaan Independent Power Producer (IPP) yang tidak terdampak dengan adanya pandemi Covid-19, karena mempunyai Power Purchase Agreement (PPA) dengan PT. PLN, dengan salah satu isinya adalah sistem Take or Pay.

Baca juga : Tolak PHK Buruh PLTU Cilacap, Ribuan Buruh Akan Kepung Kantor Pusat PT. D & G Engineering Company

 

Dijumpai Media Perdjoeangan, Ketua Pimpinan Cabang SPEE FSPMI Kab/Kota Tangerang dan Tangerang Selatan, Kuntadi membenarkan telah terjadinya PHK sepihak oleh PT. D&C Engginering Company terhadap 51 pekerja, atas dugaan dan tuduhan pelanggaran karantina.

“Sekitar 150 Massa aksi FSPMI Tangerang akan menuju Jakarta, melakukan aksi solidaritas terhadap saudara dan kawan kami. Aksi kami, menuntut kepada pihak perusahaan untuk pekerjakan kembali 51 pekerja yang di PHK dan bayar hak-hak mereka” Tutur Kuntadi

Massa Aksi Solidaritas, saat dihimbau Polsek Jatiuwung Tangerang dan Dandim 0506/Tgr

Sebelum berangkat menuju tempat lokasi aksi solidaritas, Kapolsek Jatiuwung Tangerang Kompol Aditya S.P. Sembiring, SiK dan Dandramil 0506/Tgr Kolonel Inf Bambang Heri Tugiyono, menghimbau kepada seluruh massa aksi solidaritas untuk tidak melakukan tindakan yang melanggar hukum dan tetap menjaga ketertiban serta mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

Sekitar pukul 09:00 WIB, massa aksi mulai berangkat menuju lokasi aksi solidaritas.

Penulis : Chuky
Photo : Kontributor Tangerang