FSPMI Selenggarakan Pendidikan Dasar Serikat Pekerja di Jember

  • Whatsapp

Jember, KPonline – Bertempat di Green Hills Homestay, Rembangan Jember, DPW FSPMI Jawa Timur melaksanakan Pendidikan Dasar Serikat Pekerja untuk PUK SPAI FSPMI PT. Indomarco Prismatama yang baru bergabung dengan FSPMI pada bulan Februari 2017.

Pendidikan yang diikuti oleh 30 orang anggota PUK SPAI FSPMI PT. Indomarco Prismatama tersebut mengusung tema “Meningkatkan pola hubungan industrial yang harmonis”.

Dalam sambutan pembukaan Sekretaris DPW FSPMI Jatim Jazuli  menyampaikan tentang strategi perjuangan FSPMI, yaitu Konsep Lobi dan Aksi. Konsep dimunculkan dalam sebuah gagasan untuk merencanakan strategi perjuangan.

Nah, Pendidikan ini adalah menjadi dasar bagaimana serikat pekerja menjadi cerdas, untuk penguatan konsep sehingga pekerja mengetahui arah perjuangan.

Kemudian konsep tersebut disampaikan melalui diskusi dan lobi – lobi dengan pemerintah atau pihak terkait.

Selanjutnya pilihan terakhir adalah gerakan. Ketika konsep yang baik sudah dibuat, sudah didiskusikan dan disampaikan dengan pemerintah, aksi masa atau gerakan menjadi pilihan terakhir.

Foto bersama dengan peserta usai pelatihan.

Buruh yang paling hebat adalah buruh yang pintar, tidak hanya mengandalkan otot atau kekuatan semata, lanjutnya.

Dirinya juga mengapresiasi langkah ketua PUK Indomarco Prismatama, yang walaupun baru bergabung tapi sudah berhasil mendapatkan Peraturan Perusahaan (PP). ternyata selama ini PP di PT. Indomarco ini seperti hal yang rahasia bagi seluruh pekerja. Belum ada pekerja Indomarco di seluruh Indonesia ini yang mendapatkan PP tersebut.

Kemudian aktivis buruh dari Pasuruan ini berpesan agar segera memperbanyak anggota,mengorganisir kekuatan.Semakin banyak anggota yg kita miliki, semakin kuat perjuangan kita, tutupnya.

Para peserta pendidikan tersebut mengikuti jalannya pendidikan dengan penuh semangat, terlebih saat narasumber sedikit membedah PP PT. Indomarco, berbagai pertanyaan dan keluhan tentang hubungan kerja mengalir dari hampir setiap peserta.

Salah satu pertanyaan yang dilontarkan oleh peserta pendidikan adalah bahwa dengan sistem Indomart yang baru ini sangat merugikan pekerja . “Bagaimana tidak rugi bung, ya kalo barang hilang kita menngganti itu wajar. Lha ini kelebihan item, kita juga harus bayar. Jadinya bayaran kita habis buat mengganti barang” ungkap Taufik salah satu peserta pendidikan.

Sebagai info, PT. Indomarco Prismatama adalah salah satu ritel waralaba di Indonesia yang menyediakan kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari – hari atau lebih banyak dikenal dengan Indomart.

Penulis: Hari Yunita Sari.