Cara Aliansi Buruh Deli Serdang Dalam Memperjuangkan Nasib Buruh Diapresiasi Wakil Rakyat

Deli Serdang, KPonline – Wakil Ketua DPRD Deliserdang Apoan Simanungkalit mengapresiasi cara baru yang dilakukan serikat buruh/serikat pekerja yang memerjuangkan nasib buruh dengan jalur diplomasi, tidak seperti biasanya yang selalu melakukan aksi unjukrasa.

Hal itu disampaikan Apoan ketika Persatuan Buruh Bergerak Deliserdang (PBB DS) memberikan piagam penghargaan kepadanya, Kamis (16/3) di ruang kerjanya di Lubukpakam. “PBB DS diminta tetap berjuang secara optimal tentang hak dan kesejahteraan buruh khususnya di Deliserdang,” ujarnya.

Ia juga sangat setuju dengan cara diplomasi yang dilakukan serikat buruh untuk membicarakan nasib buruh. Sebab banyak peraturan perundang-undangan yang harus diikuti dan harus dibahas untuk mencari solusi terbaik bagi pihak pekerja/buruh maupun pihak pengusaha.

“Pola diplomasi seperti itu yang harus kita budayakan di Kabupaten Deliserdang, sehingga tercipta harmonisasi antara pekerja buruh dengan pengusaha.

Kemudian tercipta Deliserdang menjadi daerah yang nyaman dan kondusif untuk berinvestasi” sebut politisi PDI Perjuangan itu.

Lanjutnya, kalau buruh sudah merubah cara menuntut hak haknya dengan diplomasi, hendaknya pengusaha juga dapat mengikuti cara diplomasi tersebut.

Sehingga dapat terjalin hubungan harmonis yang dapat meningkatkan kesejahteraan buruh dan otomatis meningkatkan produktivitas.

Ketua PBB DS Wily mengatakan, DPRD dipilih menerima piagam penghargaan karena lembaga itu dinilai proaktif dan peduli menyelesaikan persoalan perselisihan buruh di Kabupaten Deliserdang.

“Serikat buruh menilai lembaga legislatif itu sudah melaksanakan fungsi pengawasan, terlihat dari rutinnya DPRD melaksanakan rapat dengar pendapat dan rapat kerja dengan Disnaker terkait permasalahan buruh,” ujar Wily