FSPMI PT. DCP Kawal Sidang Penolakan Penangguhan Upah 2018

  • Whatsapp

Surabaya, KPonline – Sidang penangguhan
upah PT. DCP Warugunung – Surabaya tahun 2018, yang digelar di PTUN Surabaya sejak beberapa waktu lalu, kini tak terasa sudah sampai ketahap pengumpulan berkas kesimpulan.

Dalam persidangan kali ini (Kamis, 13/09/2018) turut hadir pula beberapa perwakilan dari PT. Duta Cipta Pakarperkasa sebagai penggugat, perwakilan dari pihak Gubernur Jawa Timur sebagai tergugat, dan kuasa hukum buruh (FSPMI) Darmawan Bunga, sebagai pihak intervensi.

Bacaan Lainnya

Seperti diketahui, persidangan ini digelar dikarenakan menejemen PT. DCP merasa keberatan dengan surat keputusan (SK) dengan nomor 188/41/KPTS/013/2018 tentang Penangguhan Pelaksanaan Upah UMK Jatim tahun 2018 yang telah diterbitkan oleh Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, beberapa waktu lalu.

Yang dimana didalam surat keputusan tersebut tidak tercantum nama perusahaan PT. DCP, sebagai salah satu perusahaan yang berhak mendapatkan penangguhan upah, alhasil kini PT. DCP pun seharusnya membayar upah pekerja/buruhnya sesuai aturan yang berlaku saat ini.

Namun realita yang terjadi, hingga saat ini menejemen PT. DCP pun tak juga kunjung memberikan upah pekerja/buruhnya sesuai dengan aturan yang berlaku.

Tepat pukul 13.15 waktu setempat, puluhan buruh yang tergabung dalam PUK SPL FSPMI PT. DCP pun terlihat memasuki ruang sidang, yang turut pula dihadiri oleh kuasa hukum dari masing-masing pihak yang berselisih.

Sidang yang di buka untuk umum dan tak berlangsung lama ini pun, langsung di mulai dengan penyerahan berkas kesimpulan dari pihak tergugat, penggugat maupun dari pihak intervensi, yang lantas diakhiri dengan kesepakatan dari para pihak, untuk menggelar kelanjutan agenda sidang berikutnya, pada tanggal 11 oktober 2018 mendatang dengan agenda pembahasan putusan akhir.

“Harapan kita majelis hakim dapat menguatkan intervensi kita, menguatkan jawaban tergugat agar gaji/upah di PT. DCP Warugunung bisa normal kembali (sesuai dengan UMK yang berlaku saat ini.red), dan kita pun harus tetep optimis plus jangan menyerah,” ujar Darmawan Bunga, selaku kuasa hukum pekerja/buruh PUK SPL FSPMI PT. DCP.

(Fendy Setiawan – Surabaya)

Pos terkait