DPP FSPMI Apresiasi Peserta Lomba Menulis dan Fotografi

  • Whatsapp

Jakarta, KPonline – “Saya tidak menyangka antusias untuk mengikuti lomba menulis dan fotografi dalam rangka memperingati HUT FSPMI sedemikian besar. Ada puluhan karya yang masuk ke email panitia. Terutama menjelang hari terakhir penutupan karya, kami kebanjiran naskah.” Pernyataan ini disampaikan Wakil Presiden DPP FSPMI, Kahar S. Cahyono, menanggapi antusias peserta lomba menulis dan fotografi yang diselenggarakan Media Perdjoeangan FSPMI.

Lebih lanjut, Kahar memaparkan, dari segi banyaknya peserta, tentu ini membanggakan. Mewakili DPP FSPMI, pria berkacamata ini mengapresiasi partisipasi seluruh peserta yang sudah mengirimkan karyanya.

“Selama ini kita selalu dibuat pesimis dengan beragam komentar, bahwa buruh malas menulis. Apalagi untuk sebuah naskah yang bolehlah dibilang serius. Tetapi anggapan itu keliru,” ujarnya.

Menurutnya, tujuan utama perlombaan ini adalah untuk mengangkat suara-suara yang selama ini tak terdengar. Mengabadikan jejak langkah. Menebar inspirasi. Menikmati proses dari setiap perjuangan yang kita lakukan.

Saat ini, seluruh karya peserta sedang dinilai oleh Dewan Juri yang independen. Sengaja panitia menyerahkan karya peserta kepada juri tanpa disertai nama, untuk menghindari subjektivitas yang mungkin ada.

“Saya tidak menjadi bagian dari Dewan Juri. Selama proses ini, saya berjanji tidak akan melakukan intervensi.”

Hasilnya, (3) tiga besar naskah terbaik akan diumumkan pada tanggal 25 Desember 2016. Meskipun diumumkan siapa yang masuk 3 besar, tetapi pada tanggal 25 Desember belum diumumkan siapa yang menjadi juara 1, 2, dan 3. Karena lomba ini terkait dengan HUT FSPMI, karya terbaik akan diumumkan pada saat perayaan ultah FSPMI. Saat itulah, panitia berencana mengundang penulis dan fotografer terbaik ke Jakarta untuk merayakan kegembiraan bersama dan menyerahkan hadiah lomba.

Panitia berencana mencetak naskah yang dinilai layak untuk diterbitkan dalam bentuk buku. Dimana masing-masing penulis akan mendapatkan satu buku tersebut. (*)

Foto: ruangfreelance.com

http://www.koranperdjoeangan.com/lomba-menulis-dalam-rangka-hut-fspmi-ke-18/

http://www.koranperdjoeangan.com/lomba-fotografi-dalam-rangka-hut-fspmi-ke-18/