Catatan Menarik Dari Pemilihan Pengurus Forum Komunikasi Perempuan FSPMI Provinsi Kepri

  • Whatsapp

Batam, KPonline – Rapat Akbar Forum Komunikasi Perempuan FSPMI KEPRI Sekber FSPMI Panbil Batam, yang diselenggarakan pada tanggal 20 November 2016 pada pukul 15.00 sd 18.00 wib membicarakan tentang wanita kuat dan hebat. Membicarakan tentang perempuan serasa tiada habisnya. Ada banyak gagasan besar yang disampaikan. Mimpi-mimpi yang harus segera diwujudkan.

Rapat akbar ini merupakan agenda besar Forum Komunikasi Perempuan (FKP). FKP sendiri merupakan sebuah forum yang di dalamnya berisi para aktivis perempuan FSPMI di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), lintas daerah dan lintas sektor. FKP merupakan salah satu Team Kerja DPW FSPMI Kepri.

Dalam Rapat Akbar ini, dilakukan pemilihan dan pembentukan kepengurusan FKP 4 untuk menggantikan pengurus FKP 3 yang sudah habis masa kepengurusannya. Proses pemilihan dilakukan melalui beberapa kali meeting.

Dalam setiap kali diskusi, perdebatan tidak bisa dihindari. Karena itulah dinamika organisasi. Namun demikian, semua itu dilakukan dengan kepala dingin. Musyawarah untuk mufakat dilakukan, di fasilitasi oleh team formatur yang digawangi Bing Herlina (DPP FSPMI) dan Bing Eva (DPW FSPMI Kepuluan Riau), serta beberapa perwakilan anggota.

Setelah melalui berbagai pertimbangan dan mendapat masukan dari perangkat FSPMI di Kepri, akhirnya pemilihan pengurus selesai dilakukan dan bisa diumumkan secara resmi siapa saja yang terpilih menjadi pengurus inti periode 2016 s/d 2021.

Dibandingkan dengan kepengurusan FKP 1, 2 dan 3, Dalam FKP 4 periode 2016-2021 memiliki format kepengurusan sedikit berbeda tapi tujuannya sama, yakni merangkul seluruh perempuan dari lintas sektor dan lintas daerah untuk bersama berkontribusi aktif memajukan organisasi FSPMI, khususnya perempuan FSPMI se-Kepuluan Riau.

Perbedaan struktur yang dimaksud adalah dengan memasukan Biro Perempuan PC SPA FSPMI Waka 6 langsung dibawah naungan FKP. Dengan demikian, bisa menghindari kerancuan dalam pendelegasian tugas ataupun event dengan sama-sama menyadari bahwa apapun kegiatan sektoral dari Waka 6 masing-masing PC SPA FSPMI menjadi otomatis kegiatan FKP yang wajib disukseskan bersama.

Dalam sambutannya, Ketua DPW FSPMI Kepri, Nefrizal, menyampaikan bahwa minimal setahun sekali FKP harus berkonsolidasi keluar daerah Batam, yakni Bintan dan Karimun. Ini dilakukan untuk melihat, memantau dan mengembangkan pergerakan untuk kemajuan perempuan FSPMI di daerah-daerah tersebut. FKP jangan hanya berkutat di Batam.

Tambahan yang lain, harapan untuk diselenggarakannya Pendidikan Khusus Perempuan demi lancarnya proses kaderisasi (Bing Nani) dan konsolidasi perempuan dari direktorat perempuan pusat (Bing Mundiah).

Terakhir, apresiasi dan terima kasih kepada pengurus FKP sebelumnya (Bing Endah dkk), atas kerja kerasnya sehingga proses kaderisasi dan pengembangan pergerakan perempuan untuk semua sektor mulai aktif berjalan. Terbukti dengan kehadiran dari perempuan SPEE, SPSPL, dan SPAI pada rapat akbar kemarin.

Tidak lupa kami ucapkan selamat kepada ketua terpilih FKP 4 period 2016-2021 (Bing Sari dan team) semoga kita semua selalu diberi kesehatan, kekuatan untuk tetap istiqomah, komitment, aktif, inisiatif untuk bekerja bersama membangun organisasi. Memiliki keinginan kuat untuk berjuang bersama dalam mensejahterakan anggota. Juga peka terhadap situasi lokal, nasional, dan internasional.

Perempuan adalah pelengkap bagi laki-laki, begitupun sebaliknya. Ada hal yang tidak bisa dilakukan oleh laki-laki tapi bisa dilakukan oleh perempuan, dan karena itulah FKP ada. Kita terus harus saling mengisi dan wajib saling melengkapi untuk kebaikan organisasi FSPMI yang tercinta ini. (*)

Penulis: Herlina