Budi Wardoyo: Lawan Muslihat Busuk di Pilkada Bekasi

  • Whatsapp

Bekasi, KPonline – Di berita online, ada yang menyatakan menurut Quick Qount Jaringan Survey Indonesia (JSI), Neneng-Eka mendapatkan 42% suara. Lalu Saduddin-Ahmad Dhani mendapar 25 % suara, dan ketiga Obon-Bambang, 15 % suara. Bisa jadi akan semakin banyak media yang mengambil ini sebagai berita. Jika dicari di internet, JSI ini gak jelas, termasuk penelitinya juga gak jelas – gak teruji kapasitasnya. Demikian disampaikan salah satu pengurus Rumah Rakyat Indonesia, Budi Wardoyo.

Lebih lanjut dia mengatakan, “Ini pasti, sangat pasti adalah upaya untuk menggiring opini kalo Nenenglah pemenangnya, dan kita rakyat adalah pihak yang kalah. Tapi pertarungan belum selesai, dengan tidak adanya lembaga survey yang kredibel dalam pilkada Kab Bekasi, maka yang bisa dipercaya hanyalah perhitungan manual. Dan itu, yang akan menguji kita, militansi kita, untuk memastikan, tidak ada kecuarangan dalam proses ini.”

Bacaan Lainnya

Sebelumnya, diberitakan tempo.co dan beberapa media lain, pasangan Neneng Hasanah Yasin-Eka Suria Atmaja unggul dalam pilkada Kabupaten Bekasi berdasarkan hitung cepat versi Jaringan Survei Indonesia. Calon inkumben itu memperoleh 43,28 persen suara. Sedangkan pasangan Saduddin-Ahmad Dhani berada persis di bawahnya dengan perolehan 25,05 persen.

Pasangan Obon Tabroni-Bambang Sumaryana berada di peringkat ketiga dengan perolehan suara 15,87 persen. Disusul oleh pasangan Meiliana Kartika Kadir-Abdul Kholik yang mendapat 9,12 persen suara dan terakhir pasangan Iin Farihin-KH. Mahfud memperoleh 6,68 persen suara.

”Kami menggunakan metode random sampling, dengan margin error kami lebih-kurang 1 persen,” ujar Supervisor Jaringan Survei Indonesia, Adiyaksa Norman, Rabu, 15 Februari 2017.

Norman mengatakan, sampai pukul 17.00, data yang masuk sebanyak 97,85 persen dari 230 tempat pemungutan suara (TPS). Tempat-tempat pemungutan suara itu tersebar di 23 kecamatan. “Dari seluruh yang diambil, partisipasi pemilih mencapai 56,7 persen,” katanya.

Berbeda dengan yang diberitakan tempo.co, jawapos.com memberitakan, hasil quick count atau hitung cepat Pilkada Kabupaten Bekasi menempatkan pasangan Saduddin-Ahmad Dhani (SAH) sebagai pemenang. SAH unggul dengan 31,8 persen suara, disusul pasangan Neneng Hasanah Yasin-Eka Supria Atmaja (NENENG YES) dengan 25,75 suara.

Di peringkat ketiga diduduki Obon Tabroni-Bambang Sumaryono (OBAMA) dengan 25.00 persen, kemudian posisi keempat Meilina Kartika Kadir-Abdul Kholik (MENARIK) 16,6 persen dan Iin Farihin-Mahmud di posisi akhir 0,75 persen.

Sementara itu, berdasarkan hitung cepat Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Bekasi, SAH juga berada di posisi puncak dengan 35,6 persen. Disusul NENENG YES 32,33 Persen, OBAMA 16,04 persen, MENARIK 12,55 persen dan IMAM 4,02 persen

Sementara itu, kubu OBAMA masih optimis pihaknya yang memenangkan Pilkada Bekasi.

Pos terkait