Bidang Perempuan PC SPEE FSPMI Bekasi Adakan Kunjungan Kerja ke Serikat Pekerja PT. Sanken Indonesia

Bekasi, KPonline – Pimpinan Unit Kerja Serikat Pekerja Elekteronik Elektrik (PUK SPEE) FSPMI PT. Sanken Indonesia mendapatkan kunjungan kerja (Kunker) dari Bidang Perempuan Pimpinan Cabang Serikat Pekerja Elektronik Electrik (PC SPEE) FSPMI Bekasi, Kamis ( 20/10/2022 ).

Dalam kuker bidang perempuan dari PC SPEE FSPMI Bekasi ini yaitu Ika Asih (Ketua Bidang Perempuan), Rohayati (Sekretaris Bidang Perempuan) dan Surmi (Biro Bidang Perempuan).

Sambutan hangat oleh Pengurus PUK SPEE FSPMI PT. Sanken Indonesia dengan diawali makan siang bersama di kantor sekretariat PUK. Rohayati membuka kunjungan ini dengan mengapresiasi kesiapannya untuk menerima tamu dari PC SPEE FSPMI Bekasi.

“Kami dari Bidang Perempuan SPEE FSPMI Bekasi kembali melakukan kunjungan ke PUK yang ada di Bekasi mulai dari kawasan MM2100 dan PUK SPEE FSPMI PT.Sanken Indonesia menyatakan kesiapannya, maka kami datang kesini yang sebelumnya dijadwalkan pada PUK lain,” ucap Rohayati.

“Kedatangan kami dengan tujuan mengawal program kerja yang ada di PUK serta memastikan Hak Pekerja Perempuan tetap terjaga dan menjadi perhatian PUK,” lanjut Rohayati.

Sebagai pengurus PC SPEE FSPMI Bekasi, Ika Asih juga memberikan masukan dan pandangan yang konstruktif. “Kita datang ke PUK Sanken selain karena PUK yang siap, tidak lain juga karena Bidang Perempuan SPEE FSPMI PT. Sanken Indonesia merupakan Biro Perempuan di Kawasan Industri MM2100, makanya mendapatkan perhatian lebih dari kami,” kata Ika.

“Harapannya dengan kedatangan kami kemari akan menjadikan Bidang Perempuan aktif kembali karena sempat vakum akibat Pandemi Covid-19,” tambah Ika.

Surmi selaku biro bidang perempuan memberikan support kepada aktifis perempuan di PUK untuk terus aktif.

“Saya jarang melihat aktifis pekerja perempuan PT. Sanken ketika aksi, apakah Ketua PUK tidak mensupport kegiatan perempuan?” tanya Surmi.

“Karena setiap aksi yang lebih sering terlihat bapak bapaknya terus, saya khawatir Aktfis pekerja perempuannya tidak diberikan kesempatan,” lanjut perempuan yang dijuluki Singa Betina Bekasi ini.

Sementara itu, Dedy Supriyanto sebagai Ketua Serikat Pekerja SPEE FSPMI PT. Sanken Indonesia pun menjelaskan kondisi aktifis perempuan yang hari ini masih mayoritas menjadi anggota SPEE FSPMI PT. Sanken. “Terimakasih kepada Bidang Perempuan SPEE Bekasi yang sudah hadir di sekretariat FSPMI SANKEN yang seadanya ini,” sambut Dedy.

“Saat ini populasi perempuan di Sanken adalah 80% dan untuk laki-laki 20%, ini terjadi penurunan karena adanya PHK Massal saat awal covid 2020 yaitu 40% Pekerja di PT. Sanken Indonesia atau sekitar 350 Pekerja mengalami PHK dan mayoritas perempuan yang sebelumnya perempuan mencapai 90 %,” papar Dedy.

“Saya sebagai Ketua selalu mensupport semua kegiatan bidang termasuk perempuan dan ijin dispensasi juga terbuka buat siapa saja yang hendak melakukan kegiatan. Sebelumnya saya juga menyampaikan kepada bidang perempuan untuk dibuatkan team khusus dibidang perempuan, dengan tujuan untuk mencari solusi dari permasalahan yang ada pada pekerja perempuan di PUK SPEE PT. Sanken Indonesia,” tutup Dedy dengan nada semangat.

Selvi DJ sebagai bidang Perempuan PUK SPEE FSPMI PT. Sanken Indonesia menyampaikan ucapan terima kasih kepada bidang perempuan SPEE Bekasi.

“Terima kasih mba Ika, mba Rohayati dan Ibu Surmi yang sudah hadir di sekretariat kami. Kita merasa senang kedatangan bidang perempuan PC, pasca Musnik ( Musyawaran Unit Kerja ) kemarin memang kita belum melakukan kegiatan perempuan tetapi kita sudah menyusun rencana program kerja untuk satu tahun ke depan” ungkap Selvi.

Dilanjutkan dengan diskusi serius tentang Hak Hak perempuan yang belum terpenuhi di PT. Sanken Indonesia dan diakhiri dengan masukan untuk kegiatan Perempuan SPEE Bekasi sehingga nantinya ketika PC SPEE Bekasi melaksanakan kegiatan dapat diikuti oleh banyak perempuan. Agenda kunjungan kerja selesai pukul 16.00 dan ditutup dengan foto bersama. (Dedy)