Andy William Sinaga : Kemungkinan KSPSI akan dukung ARB

  • Whatsapp
Ketua KSPSI Yoris Raweyai ( foto okezone)

Peringatan Hari Buruh akan jatuh pada tanggal 1 Mei besok lusa. Ditengarai para capres di Pemilu 2014 bakal memanfaatkan momen ini untuk mendekati para buruh.

“Para calon Presiden (CAPRES) akan menggunakan moment hari buruh ini untuk melakukan konsolidasi dan menggalang dukungan,” ujar Andy William Sinaga, pengamat politik dalam pers rilis Labor Institute yang diterima merdeka.com, Senin (28/4).

Bacaan Lainnya

Menurutnya, sudah bukan menjadi rahasia lagi jika 3 kekuatan besar organisasi buruh di Indonesia (KSPSI,KSPI dan KSBSI) mendukung calon Presiden yang berbeda. Hal tersebut dibuktikan dengan kehadiran para calon Presiden baik Joko Widodo dan Prabowo Subianto pada acaraacara penting serikat buruh tersebut.

“Organisasi buruh terbesar di Indonesia tersebut terpecah atas dukungan terhadap calon Presiden tertentu,” ujarnya.

Selain itu, kata Andy, para Calon Presiden seperti Aburizal Bakrie (ARB) kemungkinan akan melakukan pendekatan kepada serikat buruh. Sebab, Ketua DPP Golkar Yoris Raweyai adalah juga merupakan Ketua Umum DPP KSPSI.

Dalam peringatan Hari Buruh nanti, massa buruh akan melakukan protes terhadap rencana pemerintah untuk menaikkan tarif dasar listrik (TDL). Kenaikan TDL tersebut bakal menimbulkan kenaikan ongkos produksi yang berakibat pada Pemutusan Hubungan kerja (PHK) besar-besaran dan turunnya purchasing power (daya beli) buruh. Menyusul, kenaikan harga bahan pokok ketika TDL tersebut naik.

http://www.merdeka.com/politik/hari-buruh-bakal-ditunggangi-para-capres.html

Pos terkait