Ada Rejeki di Antara Aksi

Jakarta, KPonline – Tuhan memang sudah menjamin rizki pada tiap makhluk-makhluk ciptaan-Nya. Selama masih mau berusaha dan berdoa dan tak lupa pula pasti ada cobaan pada mahkluk yang beriman. Setiap kegiatan pasti ada insan yang mendapatkan rizki lebih.

Aksi yang dilakukan buruh di depan Gedung Kemnaker RI tidak hanya menimbulkan kemacetan dan keramaian semata, banyak pihak yang mencari rizki pada aksi kali ini.

Pedagang kacamata, makanan, kaki lima, selalu datang pada saat ada keramaian. Dan tak lupa pula pemulung yang memunguti gelas atau botol air mineral bekas pakai.

Mereka kaum urban yang mencoba mengadu nasib di ibukota. Mencoba bertahan hidup hanya untuk sekedar mencari sesuap nasi.

Hal yang menarik bagi penulis kali ini seorang anak kecil mencoba memunguti gelas/botol air mineral tanpa alas kaki dan penutup kepala dengan semangat meski panas dan riuh aksi massa di depan Kemnaker.

Bagi kaum urban yang berprofesi sebagai pemulung keramaian adalah sumber rejeki bagi mereka. Mereka hanya mengambil dari sisa massa aksi yang ditinggalkan.

Juga para pedagang berbagai macam pernak-pernik berbaur bersama massa aksi menawarkan dagangan mereka. Semakin siang semakin ramai massa datang yang jarakny cukup jauh dari ibu kota. (Gunawan)