10.10, Waspadai Jebakan Diskon

Jakarta,KPonline – Pesta diskon di marketplace seperti Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) pasti sudah dinanti untuk mendapatkan barang incaran dengan harga miring. Seperti hari ini bertepatan dengan 10 Oktober 2022, biasanya semua E-commerce jor joran promo

Namun, tetap cermatlah berbelanja. Sekilas ketika melihat deretan angka diskon bisa membuat kita kalap dan ingin cepat-cepat menekan tombol “beli sekarang”. Walau begitu, selalu lakukan riset untuk membandingkan harga.

Jika kamu sedang mengincar suatu barang, seharusnya riset ini dilakukan satu atau dua hari sebelum. Misalnya dengan melihat media sosial produk incaran untuk mengetahui ketersediaan nomor atau harga.

Bukan rahasia lagi jika ada beberapa merchant yang menaikkan dulu harga produk sebelum didiskon. Sehingga sebenarnya “harga diskon” yang tertera sebenarnya sama dengan harga jual aslinya.

Perbedaan harga yang ditawarkan membuat kita sebagai konsumen harus lebih waspada terhadap promo atau jebakan “harga murah.”

Tentu hal ini bukan berarti tidak ada yang benar-benar diskon dalam promo 10.10. Hanya saja ada merchant yang memang menggunakan strategi menaikkan harga barang dulu, baru kemudian memberi diskon besar.

Siapapun yang melihatnya akan tergiur dengan besarnya diskon, walau bisa jadi harga akhirnya akan sama saja dengan harga di tempat lain.

Artinya, sebelum membeli sesuatu, sebaiknya pelajari berapa harganya di tempat lain. Setelah membandingkan, baru kita bisa menentukan pilihan dan membeli dari tempat yang memberi harga termurah.

Selain itu, prioritaskan apa yang memang kita butuhkan, bukan sesuatu yang kamu pikir akan bermanfaat di kemudian hari karena harganya murah.

Pakailah strategi cerdas untuk berburu diskon di belantara pusat perbelanjaan:

1.Pastikan barang yang dibeli benar-benar dibutuhkan. Jangan sampai susah-susah memburunya hanya menjadi penghuni gudang atau malah menambah sesak ruangan di rumah yang sudah sempit.

2.Pastikan barang dalam kualitas prima, tidak rusak, tidak kadaluarsa, eks display atau rejected.

3.Pastikan harga yang didiskon tidak di-mark-up.

4.Cermati trik-trik diskon bersyarat yang membuat pengeluaran malah bertambah.

Intinya berbelanja pun perlu “kecerdasan” sikap, agar tidak dibodohi oleh trik diskon yang menjebak.