Tiga Anggota Garda Metal di PHK, FSPMI Kota Cimahi Geruduk PT. Rajawali Hiyoto

Cimahi, KPOnline – Ratusan buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Kota Cimahi, melakukan aksi unjuk rasa di depan PT. Rajawali Hiyoto yang berada di Jalan Industri II No.8, Kelurahan Utama, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi pada Selasa (24/01/23).

Nampak hadir dalam aksi tersebut para pimpinan PC Kota Cimahi dan KC FSPMI Bandung Raya seperti Asep Supriatna (ketua PC SPL FSPMI Kota Cimahi) beserta jajaran, Biddin Supriyono (Ketua KC FSPMI Bandung Raya) beserta jajaran serta para perwakilan massa aksi dari PUK-PUK FSPMI Bandung Raya.

Aksi tersebut sebagai bentuk solidaritas kepada pengurus PUK SPL FSPMI PT. Rajawali Hiyoto yang di PHK secara sepihak, dengan alasan efisiensi yang tidak sesuai dengan peraturan yang ada.

Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Kota Cimahi, menuntut kepada perusahaan PT. Rajawali Hiyoto untuk memperkerjakan kembali tiga anggota/pengurus PUK SPL FSPMI PT. Rajawali Hiyoto, yang juga sekaligus sebagai anggota Garda Metal FSPMI Bandung Raya, yaitu Edy, Ridwan Panji Kusumah, dan Dedi Suntara.

Aksi tersebut juga merupakan awal dari sebuah perlawanan terhadap perusahaan PT. Rajawali Hiyoto, yang telah bersikap sewenang-wenang terhadap karyawannya atau kepada anggota serikat pekerja.

Berdasarkan keterangan pengurus PC SPL FSPMI Kota Cimahi, apabila tidak ada kata sepakat, massa aksi akan terus bertahan di depan gerbang PT. Rajawali Hiyoto dan akan menambah lagi massa aksi yang belum bergabung. (Dian Rusdiana)