Serikat Pekerja Selenggarakan Diklat SAR dan Water Rescue

  • Whatsapp

Mojokerto, KPonline – Diklat SAR dan Water rescue Saipala, PUK SPAMK FSPMI PT. SAI telah rampung dilaksanakan. Diklat ini merupakan kegiatan besar tahunan.

Kegiatan yang berlangsung pada hari Sabtu dan Minggu, tanggal 3 – 4 Desember 2016 ini mendapat respon yang baik dari para peserta. Kurang lebih 50 orang peserta, yang seluruhnya adalah anggota serikat pekerja, dilatih untuk peduli tentang bencana alam yang bisa saja tiba-tiba datang.

Bacaan Lainnya

Hari pertama peserta mendapatkan materi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto. Materi tentang penyelamatan saat bencana alam yang tak terduga diberikan oleh tiga orang tutor BPBD, yaitu Basuni, Diki dan Sila.

Tak hanya materi dari BPBD saja, dari Palang Merah Indonesia (PMI) Mojokerto juga memberikan materi yang disampaikan staff PMI Mojokerto, Didik.

Dalam kegiatan ini para peserta tersebut diajari cara melakukan evakuasi korban dan memberikan penyelamatan pertama pada korban bencana.

Pada hari pertama, semua peserta bermalam dan mendirikan tenda di TBI (Taman Brantas Indah), Mojokerto.

Praktek: Melakukan tindakan penyelamatan pada korban. (Foto: Media Perdjoeangan Mojokerto)
Praktek: Melakukan tindakan penyelamatan pada korban. (Foto: Media Perdjoeangan Mojokerto)

Pada hari kedua peserta di arahkan menuju waduk tanjungan, disana para peserta di sambut oleh pihak BPBD Kabupaten Mojokerto yang siap memberikan praktek lapangan.

Peserta diwajibkan memakai pelampung saat menerima materi dan lapangan. Setelah peserta siap dengan pelampungnya maka mereka menaiki kapal yang akan digunakan untuk alat transportasi evakuasi.

Proses pelatihan evakuasi korban membutuhkan kecekatan dan tenaga yang ekstra, karena untuk mendayung sebuah kapal rakit karet dibutuhkan minimal 4 orang.

Banyak dari peserta yang antusias saat mengikuti praktek di lapangan, mereka tidak kenal lelah dan takut basah. Keselamatan semua peserta dijamin oleh tim BPBD.

“Semoga acara ini bermanfaat kedepannya, juga dapat dilaksanakan di tahun berikutnya” ujar Yuni, salah satu peserta.

Diharapkan dari kegiatan ini, para peserta memahami dasar-dasar keselamatan pada keadaan bencana.

“Terima kasih PUK SPAMK FSPMI PT. SAI yang sudah mengadakan kegiatan ini,” pungkas Yuni.

SAI JONGGRING SALOKA… KITA SEMUA SAUDARA … (*)

Penulis: Arifianto dan Laila Prastiwi

Pos terkait