Separuh KK Warga Dusun Krajan Banjarnegara Berkurban

Separuh KK Warga Dusun Krajan Banjarnegara Berkurban

Banjarnegara, KPonline – Istimewa warga Dusun Krajan Desa Batur, Banjarnegara untuk melakukan kurban Idul Adha terbilang luar biasa. Mengingat lebih dari separuh warganya ikut berkurban hingga daging kurban menggunung dan mencapai 25 ton di ruang aula.

Dikutip koran perdjoeangan (17/6/2024) latar belakang warga di Dusun Krajan sangat beragam, mulai dari petani, pedagang, hingga buruh tani serta pekerja di pasar

Lebih lanjut diketahui ternyata begini cara mereka bisa berkurban, salah satunya adalah dengan cara menabung yang dilakukan setiap lima hari sekali hingga tiga bulan sekali,” kata Nasir, koordinator tabungan warga untuk berkurban.

“Warga rutin menabung, ada yang setiap pasaran, yakni 5 hari sekali biasanya itu pedagang pasar. Sedangkan petani biasanya rutin 3 bulan sekali setelah panen dan besarannya pun tak sama disesuaikan kemampuannya,” ungkap Nasir.

Uang tersebut dikumpulkan dalam jangka waktu 10 bulan. Nantinya uang yang sudah terkumpul kembali diserahkan kepada warga untuk tambahan membeli hewan kurban.

“Nabungnya jangka waktu hanya 10 bulan. Kalau sudah 10 bulan masih belum cukup, nanti ditambahin sendiri. Tetapi kalau sudah menabung nambahinnya kan tidak banyak,” jelasnya.

Sebagai informasi, total ada 367 hewan kurban yang disembelih Kampung Krajan tahun ini. Kemudian dari total 1.453 KK, ada 778 orang di antaranya yang menjadi sohibul kurban. “Untuk proses pengerjaannya, selain panitia kurban juga dibantu oleh sohibul kurban atau warga yang berkurban,” katanya.

Koran perdjoeangan mencoba mencari informasi terkait kebenaran berita viral tersebut. Badrun Sohih salah satu warga RW08 Asri Pratama asal Dusun Krajan, Desa Batur, Banjarnegara membenarkan berita viral tersebut. “Benar pak, Warga Krajan bukan tahun ini saja sejak dulu selalu kurban banyak dan setiap tahun mengalami kenaikan,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia mengatakan bahkan ada satu RT seluruh KK melakukan kurban. Bahkan ada satu RT seluruh KK melakukan kurban. (Yanto)