Rakercab I SPAMK FSPMI Tangerang, Semangat Bergerak Menggapai Harapan Baru

  • Whatsapp
RAKERCAB I SPAMK FSPMI TANGERANG

Anyer,KpOnline (19/09/2015) – Bertempat di Hotel Nuansa Bali Anyer-Banten, Serikat Pekerja Automotif Mesin dan Komponen (SPAMK) FSPMI Kota/Kab Tangerang dan Tangsel menyelenggarakan acara Rapat Kerja Cabang (RAKERCAB) SPAMK I Tahun 2015 yang berlangsung selama 2 hari yaitu tanggal 19-20 September 2015.

RAKERCAB I SPAMK FSPMI TANGERANG
RAKERCAB I SPAMK FSPMI TANGERANG

Dan diikuti oleh 91 peserta dari beberapa perwakilan PUK dari SPAMK FSPMI Tangerang. Acara tersebut juga dihadiri oleh Riden Hatam Aziz selaku Konsulat Cabang FSPMI Kota/Kab Tangerang dan Tangsel, Rustan selaku Ketua Umum Pimpinan Pusat SPAMK FSPMI, Mundiah selaku Vice Presiden FSPMI, Perwakilan Pengurus Pimpinan Cabang dari SPAI, SP EE, SP Logam, Pangkorda dan Sekjen Garda Metal Tangerang Bung Sarjono dan Tomo serta beberapa tamu undangan lainnya. Rapat kerja tersebut mengusung tema “SEMANGAT BERGERAK MENGGAPAI HARAPAN BARU”.

Bacaan Lainnya

Acara pembukaan diawali dengan Doa pembuka oleh Ust Abdurahman dari PUK RPL agar Rakercab dapat berjalan dengan lancar. Kemudian untuk menambah semangat para peserta, panitia menyuguhkan Hiburan Tari Merak yang dibawakan oleh Siswi-siswi SMA 2 Serang.

Selanjutnya Sambutan Bung Kamidi selaku panitia rakercab yang menyampaikan bahwa dalam rakecab ini mari kita sama-sama saling berinteraksi sesama Antar PUK SPAMK. Hal serupa pun disampaikan oleh sambutan dari Bung Ahmad Jumali selaku Ketua Pimpinan Cabang SPAMK Tangerang, mengungkapkan sesama antar PUK SPAMK harus saling mengenal satu dengan yg lain dan berharap pada kongres nanti ada kaderisasi yang benar-benar dapat memimpin SPAMK ke depannya.

Dalam kesempatan kali ini Bung Riden Hatam Aziz memberikan sambutannya bahwa Investasi target di Banten th 2015 sebesar 13 triliun rupiah. Tapi actual per Agustus 2015 sudah mencapai dan melebihi target yaitu sebesar 18,3 triliun rupiah. Maka ini sudah menjadi kebanggan dari Pemerintah, tapi di sisi lain faktanya kenapa masih terdapat PHK.

Bahwa kondisi perekonomian dibanten umumnya Tangerang dari berbagai sektor masih aman, hanya saja untuk sektor AI daya beli sedang menurun. Bung Riden Hatam Aziz menyampaikan pesan kepada seluruh Pimpinan Cabang untuk selalu menjaga komunikasi dalam kondisi saat ini. Beliau pun memberikan informasi bahwa Tenaga Kerja Asing (TKA) yg sudah terdaftar di imigran untuk masuk dibanten data per agt 2015 total sebnyak 25,300 orang tenaga kerja asing dan ini menjadi salah satu tugas berat kita untuk menindak lanjutinya selain dari Strategi dan pola pengupahan untuk tahun 2016.

Sementara Bung Rustan memberikan sambutannya sekaligus membuka acara Rapat Kerja Cabang SPAMK. Dalam sambutannya beliau memaparkan selama kita melakukan dengan serius dan dengan Aksi2 segala cita-cita untuk permasalah buruh akan tercapai. Bahwa pada saat ini harus diwaspadai gelombang korban phk. Beliau pun berharap dalam rakercab ini bisa melaksanakan program-program kedepan dan mengevaluasi kinerja program tahun lalu. Berharap pengurus-pengurus PC membuat program yg mudah dilaksanakan atau dijalankan dan diukur dengan kemampuan keuangan.

Setelah itu diisi sambutan oleh Vice Presiden FSPMI Bing Mundiah beliau memaparkan pesan dari Presiden Said Iqbal yang berhalangan hadir diantaranya yaitu: 1. Masalah pengupahan. 2. Diharapkan dalam struktural kepengurusan PC SPAMK kedepannya 30% adalah dari perempuan agar dapat menggerakan kaum pekerja perempuan bisa menjadi aktivitis perempuan yg berani melawan dan bergerak serta dimasukan ke dalam biro perempuan. 3. Semoga dalam rakercab ke 1 ini Menghasilkan yang terbaik khususnya buat anggota dan dapat membangun harapan baru bagi SPAMK Tangerang. Setelah di isi sambutan-sambutan, panitia meminta waktu coffe break/isoma agar kondisi dan suasana rapat tidak terlalu tegang.

Pada pukul 19:00 rapat kembali dimulai hingga pukul 23:00 dalam rapat tersebut ada beberapa point penting yang menjadi laporan harapan program kerja kedepannya diantaranya yaitu:

1. PKB harus segera diterapkan di Perusahaan dan menjadi prioritas.

2. Agenda Kunjungan Kerja PC SPAMK agar seluruh Anggota mengenal dekat dengan Para Pengurus Pimpinan Cabangnya.

3. Membuat schedule pendidikan SP/SB dan dilakukannya diwilayah Tangerang supaya seluruh PUK dapat hadir.

4. Masalah administrasi dan kedisplinan lebih ditertibkan kembali.

5. Adanya kontroling ke perusahaan yang belum mendaftarkan karyawannya untuk menjadi Anggota BPJS dan juga masalah K3.

6. Menyusun program anggaran organisasi yaitu penambahan dana tambahan untuk pengurus PC agar lebih efektif dalam menangani masalah kasus-kasus.

7. Alokasi dana untuk Garda Metal.

8. Membubarkan Biro Lintas Sektor dan dibentuk Biro Sektor AMK.

9. Mengadakan Program Pendidikan Advokasi yang lebih intensif agar termotivasi.

10. Berharap Pimpinan Cabang SPAMK dapat GO Politik.

11. Mengusulkan Riden Hatam Aziz menjadi Sekjen FSPMI periode 2016-2021.

12. PC AMK merekomendasikan Rustan sebagai Ketua Umum dan Periode 2016-2021.

13. Mencalonkan Ahmad Jumali menjadi Ketua Konsulat Cabang FSPMI Tangerang.

14. Merekomendasikan Said Iqbal sebagai Presiden FSPMI Periode 2016-2021.

15. Pengalokasian Dana untuk Depeko/depekab dan LKS Bipartit Kota/Kab dari Pusat.

Setelah memaparkan seluruh program kerja dan atas himbauan dari Pusat bahwa sebelum bulan Oktober 2015 dan Kongres nanti diharapkan SPAMK Tangerang sudah membentuk Biro Perempuan.

Dan dengan respon yang cepat dari Bung Ommo, Bung Rasukan dan Bung Indra selaku Pimpinan Rapat Rakercab pada tanggal 20 September 2015 SPAMK Tangerang langsung membentuk dan melantik Biro Perempuan Sektor AMK Tangerang yang dilakukan Oleh Pimpinan Cabang Bung Ahmad Jumali dan memilih/menunjuk Bing Eha Satyawati (PUK  AKKU) sebagai Ketua Biro Perempuan,Bing Yuli Happiyanti (PUK EKA MITRA) sebagai Sekretaris dan Bing Ponijem (PUK PEMI) sebagai Bendahara.

Pelantikan ini pun disambut dengan suka cita oleh para panitia dan peserta. Tak lepas meneriaki yel-yel Hidup Biro Perempuan,,Semangat!! Hidup AMK,,Hidup!! Hidup Buruhh. (chuky GM Freegraph)

Pos terkait