PUK SPAI FSPMI PT. G4S CS Medan Siapkan Aksi Mogok Kerja

Medan, KPonline –¬†¬†Ratusan Pekerja/Buruh PT. Gas Cash Servis (PT. G4S) Kota Medan, akan menggelar Aksi Mogok Kerja didepan gerbang perusahaan cabang Kota Medan selama sebulan penuh yaitu mulai tanggal 24 september 2018 sampai dengan 24 oktober 2018, Jum’at (14/9/2018).

Aksi yang direncanakan ini dilakukan karena pihak Manegement Perusahaan PT. G4S diduga tidak bersedia memenuhi tuntutan para Pekerja/Buruh yang notabenenya adalah anggota dari Pimpinan Unit Kerja Serikat Pekerja Aneka Industri Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (PUK SPAI FSPMI) PT. G4S kota Medan.

Adapun yang menjadi tuntatan para Pekerja/Buruh seperti penolakan terhadap Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) sepihak terhadap Ali Musa selaku Wakil Sekretaris PUK, Pembuatan Perjanjian Kerja Bersama (PKB), pemenuhan hak-hak Normative para Pekerja/Buruh, Syarat dan kondisi kerja, Perbaika K3, peningkatan Kesejahteraan para Pekerja/Buruh dan lain-lain.

Ada 23 item tuntutan yang kami bahas dalam perundingan antar kedua belah pihak yaitu kami sebagai pekerja dan Manegement sebagai pihak Perusahaan (Bipartit).

Tetapi yang terpenuhi hanya item yang kecil-kecil saja yang tidak menjadi tuntutan utama seperti item extra puding, sementara item utama seperti PKB, Upah Minimum Sektoral Kabupaten/Kota (UMSK), Skala Upah, Kontrak kerja yang tidak sesuai aturan, perbaikan K3, tolak PHK sepihak tidak dipenuhi.

“Kami menduga pihak manegement Perusahaan tidak punya niat baik untuk memenuhi hak-hak Normative para Pekerja/Buruh. Maka dengan gagalnya pencapaian tersebut kami akan menggelar Aksi Mogok Kerja didepan gerbang perusahaan selama sebulan penuh sampai tuntutan utama tersebut dapat dipenuhi oleh pihak management Perusahaan PT. GCS,” ujar Mara Sutan Harahap selaku Ketua PUK SPAI FSPMI PT. GCS cabang Kota Medan.

Sedangkan Tony Rickson Silalahi selaku Ketua Konsulat Cabang (KC) FSPMI Kota Medan mengatakan bahwa akasi ini akan digelar secara Nasional.

Aksi Mogok Kerja PUK SPAI FSPMI PT. GCS ini akan digelar serentak secara Nasional. Forum Buruh GAS Indonesia akan mengorganisir Pekerja/Buruh untuk mempersiapkan aksi mogok kerja serentak secara Nasional di Perusahaan Penanaman Modal Asing (PMA) yang bergerak dibidang jasa yang bergerak dibidang jasa pengantaran keuangan dan jasa keamanan (security) Outsourcing ini.

Pekerja PT. G4S Jakarta, Medan, Surabaya, Cirebon, Batam, Makasar sudah menyatakan kesiapannya dalam menggelar Aksi Mogok Kerja ini.

“Saya akan terus melakukan Konsolidasi pematangam Aksi dengan anggota kita di PT. G4S kota Medan ini serta mengintruksikan masa anggota FSPMI se Kota Medan untuk ikut bersolidaritas mendukung perjuangan PUK PT. G4S ini dengan menggelar aksi unjuk rasa besar-besaran di Perusahaan, Kantor Walikota Medan dan DPRD kota Medan,” kata Tony

“Kita juga akan membuat laporan Penhaduan tentang dugaan Union Busting dan dugaan pelanggaran hak Normative pekerja/Buruh kepada Pengawas Ketenagakerjaan Provinsi Sumatera Utara,” tegasnya. (Afriyansyah)