Pentingnya Teknik Negoisasi Dalam Perundingan

  • Whatsapp

Batam,Kponline – Fspmi dalam pergerakannya selalu mengutamakan sikap perundingan pada saat terjadi permasalahan hubungan industrial,baik itu terkait Upah,Pkb dan lain-lain.Didalam perundingan itu negoisasi merupakan modal utama,dan juga penguatan yang dilakukan ketika terjadi perundingan.

Dan saat ini masih banyak serikat pekerja yang masih belum percaya diri untuk melakukan negoisasi dengan pihak perusahaan,dimana serikat pekerja memiliki kedudukan sejajar, pada saat terjadi perundingan dengan perusahaan ataupun wakil perusahaan.

Hal ini yang menjadi salah satu pendorong Pimpinan Cabang Serikat Pekerja Elektrik Elektronik (PC SPEE) Kota Batam untuk mengadakan pelatihan tehnik negoisasi.Bertempat di hotel Pusat Informasi Haji (PIH) Batam,pelatihan ini dilaksanakan, dihadiri oleh Dpw kepri Nefrizal, perangkat PC EE Kota Batam,dan peserta pelatihan dari perwakilan Pengurus Unit Kerja (PUK) SPEE Kota Batam.

Pelatihan tehnik negoisasi ini sengaja mengundang Suhadmadi yang merupakan senior dalam bidang pendidikan, dimana saat ini juga Suhadmadi merupakan fasilitator DPP Fspmi dan juga Hakim Ad Hoc Tanjung Pinang,sehingga Suhadmadi paham betul permasalahan-permasalahan industrial yang terjadi saat ini.

Antusias peserta pelatihan teknik negoisasi ini sangat besar,terbukti dari daftar hadir melebihi target yang ditentukan sebelumnya.

Menjelang penutupan ketua PCEE Fspmi kota Batam Mohammad Mustofa berharap bagi peserta pelatihan bisa menerapkan ilmu yang didapat pada saat terjadi perundingan di perusahan-perusaahan masing-masing.

Dia juga mengingatkan perjuangan tanpa pendidikan juga akan sulit untuk tercapai.Pelatihan tehnik negoisasi merupakan program kerja dan juga amanah muscab PCEE Fspmi Kota Batam yang dilakukan Agustus tahun 2016 silam,dan kegiatan pelatihan tehnik negoisasi ini merupakan kegiatan pertama dalam bidang pendidikan PCEE Kota Batam,tetapi pada bulan ini tepatnya tanggal 26 hingga 28 januari 2017 juga akan diadakan pendidikan trainer,mengingat saat ini masih banyak kekosongan pada bidang pendidikan atau pelatihan maka kegiatan ini harus dilakukan,ujar Ketua PC EE FSPMI Kota Batam Mohamnad Mustofa.

(Roi)