Pelatihan Menulis dan Ingatan Pada Kampung Halaman

  • Whatsapp

Bekasi, KPonline – Gedung Konsulat Cabang FSPMI Kabupaten/Kota Bekasi pasti sudah tidak asing bagi buruh Bekasi. Apalagi yang menjadi anggota FSPMI. Bahkan, gedung ini, sudah menjadi rumah ke dua bagi mereka.

Namun bagi saya, gedung tersebut punya arti tersendiri, karena keberadaanya di pinggir rel kereta. Mengapa?

Karena rel kereta itu mengingatkan saya pada waktu kecil. Jadi semacam penggobat rindu pada kampung halaman. Kebetulan, rumah orang tua saya berasa di pinggir rel.

Namun kini rel kereta itu telah raib. Ada yang hilang dicuri besi-besinya, ada juga didirikan bangunan rumah di atasnya. Ada juga yang ditanami rumput untuk pakan ternak.

Memang setelah penutupan jalur kereta api di kota saya, banyak warga yang mengalih fungsikan jalur rel kereta tersebut.

Kembali ke gedung KC FSPMI Bekasi, hari itu (Sabtu, 10/03/2018), gedung ini ramai sekali. Sebabnya adalah, kedatangan puluhan peserta Pelatihan Menulis dan Fotografi Jurnalistik, yang diadakan oleh Konsulat Cabang FSPMI Kabupaten/Kota Bekasi.

Tempat parkir dipenuhi kendaraan roda dua milik peserta pelatihan yang berasal dari semua sektor SPA FSPMI di Bekasi. Bahkan kabarnya ada yang jauh jauh dari Cirebon ikut pelatihan ini. Luar biasa antusias mereka, salut.

Sebenarnya kali ini bukan yang pertama saya mengikuti pelatihan media. Namun tetap saja saya selalu mengalami kesulitan untuk mempraktikkannya dalam hal menulis atau foto.

Namun demikian, saya bertekad untuk terus berlatih dalam menulis. Ini adalah hasilnya…

Ati Hasanah (Uniplast)