Pelatihan Kewirausahaan PUK SPAMK FSPMI PT. STEP INDONESIA

  • Whatsapp
Penyampaian Materi Saat Pelatihan Kewirausahaan PUK SPAMK FSPMI PT. STEP INDONESIA
Penyampaian Materi Saat Pelatihan Kewirausahaan PUK SPAMK FSPMI PT. STEP INDONESIA

Bekasi,KPonline – Ada pemandangan berbeda, pada Minggu (19/01/2020) pagi, di Plant 2 PT. STEP Indonesia. Terlihat beberapa anggotanya hadir, tapi bukan untuk lembur. Mereka ternyata akan mengikuti pelatihan kewirausahaan tentang cara proses dasar sablon manual di atas media kaos.

Kegiatan yang diadakan Bidang 3 ini bertujuan memberikan ruang keterampilan bagi anggotanya, agar ada pembekalan ilmu untuk usaha saat mereka sudah tidak bekerja lagi ataupun ingin membuka usaha percetakan sablon nantinya.

Dalam pelatihan ini yang diajarkan adalah dasar cara menyablon dengan tahapan materi dari pembuatan pola gambar, sampai jadi gambar yang diinginkan di media screen, hingga penyablonan dilakukan di kaos polos yang sudah tersedia.

Tapi sebelum kegiatan ini dimulai, seperti biasa agenda organisasi wajib dibuka dengan menyanyikan Indonesia Raya dan Mars FSPMI, dilanjutkan sambutan – sambutan dari panitia yang di isi Andriyana dan Yayan. Terakhir sambutan langsung diisi tutor yang juga akan mempraktekan cara penyablonan. Namun sebelum praktek peserta terlebih dahulu diajari untuk memahami teori – teori dasar penyablonan dan tahapannya.

Tutor yang mengisi pelatihan sablon adalah Taufik yang memiliki bendera percetakan sendiri yaitu Byan Colection. Kebetulan dia ex buruh yang juga seorang Garda Metal. Sudah beberapa kali Taufik memberi pelatihan tentang penyablonan di beberapa tempat.

Taufik terpanggil untuk berbagi ilmu karena bentuk tanggung jawab atas rasa kepeduliannya sebagai seorang veteran buruh yang sudah tidak bekerja lagi di perusahaan dan sudah merasakan berwirausaha secara mandiri. Poin – poin dasar penyablonan diajarkan Taufik hingga para peserta paham dan saat mempraktekan peserta bisa melakukannya.

Kegiatan ini diadakan dari pukul 9 pagi sampai pukul 3 sore. Peserta dibagi menjadi 5 kelompok saat melakukan praktek penyablonan. Para peserta diberi kesempatan untuk melakukan penyablonan di atas kaos dengan menggunakan 1 warna yaitu putih sebagai dasar pelatihan penyablonan.

Selanjutnya untuk tahap penyablonan memakai beberapa warna. Bidang 3 PUK SPAMK FSPMI PT. STEP INDONESIA berencana akan mengadakan pelatihan lanjutan menyablon tahap kedua, dengan waktu dan tempat yang akan kembali diagendakan. ( ocha )