Paska Insiden Dengan Aparat, Solidaritas Untuk Buruh PT Shin Han Terus Mengalir

Bogor,KPonline – Setelah insiden dugaan tindak kekerasan “tendangan maut” yang terjadi didepan gerbang pabrik PT. Shin Han Indonesia pada Kamis 25 Januari 2018 sekitar pukul 14:05 WIB yang dilakukan oleh salah seorang oknum aparat kepolisian terhadap salah seorang kawan buruh perempuan anggota PUK SPL-FSPMI PT. Shin Han Indonesia, pagi ini terlihat barisan Polisi Wanita didepan gerbang pabrik PT. Shin Han Indonesia.

Polisi wanita di kerahkan untuk mengamankan aksi

Hal ini dilakukan oleh pihak aparat kepolisian Polsek Sektor Citeureup dan Polres Kabupaten Bogor, dengan harapan meminimalisir dan menghilangkan insiden-insiden yang tidak diinginkan, seperti halnya insiden dugaan tindak kekerasan “tendangan maut” yang mengakibatkan salah seorang anggota PUK SPL-FSPMI PT. Shin Han Indonesia yang berinisial Cc mengalami memar dan lebam di bagian paha sebelah kiri.

Bacaan Lainnya

Atas insiden yang terjadi, dari pihak Pengurus Cabang SPL-FSPMI Bogor dan LBH FSPMI melaporkan insiden tersebut ke Propam Polres Kabupaten Bogor. Meskipun dalam melaporkan kasus tersebut ke Propam Polres Kabupaten Bogor agak sedikit “terhambat”, akhirnya tengah malam sekitar pukul 01:00 WIB 26 Januari 2018, hasil pelaporan PC SPL-FSPMI Bogor dan LBH FSPMI dijadikan dasar untuk melakukan visum et repertum di RSUD Cibinong, Bogor.

Berdasarkan hasil visum et repertum dan beberapa alat bukti yang dimiliki oleh PC SPL-FSPMI Bogor dan LBH FSPMI, dijadikan berita acara pelaporan atas kasus “tendangan maut”. Dan saat ini, Cc korban ” tendangan maut” sedang beristirahat dirumah salah seorang kerabatnya . Hal ini dilakukan agar trauma dari dugaan tindak kekerasan terhadap Cc tidak berdampak jangka panjang.

Kembali kedepan gerbang pabrik PT. Shin Han Indonesia, buruh PUK SPL-FSPMI PT. Shin Han Indonesia yang sedang melakukan Aksi Mogok Kerja dan Aksi Unjuk Rasa, mendapatkan Aksi Solidaritas dari buruh Cressyn FSPASI yang juga mayoritas merupakan kaum perempuan. Di pimpin langsung oleh Ketua PUK Cressyn FSPASI Endang Purwanti, mereka mendapatkan sambutan yang luar biasa dari kawan-kawan buruh PUK SPL-FSPMI PT. Shin Han Indonesia dan massa aksi yang hadir.

Ada pemandangan yang menarik ketika buruh PUK Cressyn FSPASI datang memberikan solidaritas. Mereka membawa begitu banyak kue-kue untuk buruh yang sedang melakukan Aksi Mogok Kerja dan Aksi Unjuk Rasa. Hal ini dilakukan oleh kawan-kawan buruh PUK Cressyn FSPASI sebagai bentuk solidaritas dan kekuatan buruh, terlebih lagi sebagai sesama Kaum Buruh Perempuan.

Daftar Sekarang

Pos terkait