Pamiarta Wayang Golek(PWG) Bekasi Adakan Pagelarang Dengan konsep 3 Dalang Satu Panggung

Bekasi, KPonline РSetiap wilayah tentunya mempunyai kesenian khas tradisional tersendiri, Jawa Barat salah satunya yng mempunyai kesenian wayang golek. Dikabupaten Bekasi salah satunya terbentuk paguyuban yang mengatasnamakan  Pamiarta Wayang Golek(PWG). Dimana hal ini dijadikan suatu wadah perkumpulan khusus para pencinta/penikmat pagelaran wayang golek. Paguyuban PWG ini diketuai oleh Kang Mantri Rosad, Wakil ketua Purwanto dari salah satu Jamkeswatch kabupaten Bekasi yang masih aktif bekerja disalah satu perusahan, dan yang bertindak sebagain dewan pembinanya adalah  Ambu Nurbaiti.
Kesenian jawa barat sangat terkenal dimana-mana khususnya wayang golek, PWG kabupaten Bekasi sengaja mengundang para pencinta pagelaran wayang golek untuk hadir.

Acara yang bertepatan dihari Ultah PWG yang ke 2 tahun, tepat pada tanggal 02-11-2019. Dalam rangka melestarikan seni  budaya paguyuban tersebut akan mengadakan nonton bareng pagelaran wayang golek yang beralamat dikampung Kramat, Rt/Rw: 18/06, desa kedung Waringin, kecamatan Kedungwaringin.
Dengan mengapresiasi adanya seni budaya sunda PWG akan menggelar pagelaran wayang golek dengan konsep 3 dalang dalam satu pagelaran. Dalang yang terlibat diacara tersebut diantaranya dalang Dandan dede Amung(Bandung), dalang Apepas Hudayana(Krawang), dan dalang Oleh endang setia(Bekasi).

Bacaan Lainnya

Purwanto selaku wakil ketua PWG mengemukan dengan adanya pagelaran tersebut bisa menyampaikan pesan atau pun edukasi kepada masyarakat sekitar,dan umumnya untuk para pecinta Seni dan budaya yang selalu diselenggarakan pada setiap tahunnya.

“Acara ini akan dihadiri oleh PWG seJawa Barat karena setiap kota/kabupaten mempunyai Pamiarta Wayang Golek(PWG). Untuk Dana sendiri Milangkala PWG Bekasi yang Ke 2, uangnya iuran dari anggota serta para donatur yang mncintai kesenian wayang golek.” ucapnya kepada Media Perdjoeangan, Senin(21/10).

Demi untuk melestarikan seni sunda yaitu wayang golek yang hampir hilang seiring dengan kemajuan zaman. PWG terus mensosialisasikan budaya tersebut.
Terselengaranya pagelaran tersebut tiada lain karena adanya kontribusi dari pihak aparatur desa setempat, dan para anggota PWG yang terlibat didalamnya.
Dengan adanya acara pagelaran tersebut PWG pun berharap masyarakat kabupaten Bekasi khususnya warga kedungwaringin bisa lebih mncintai, dan jaga rasa memiliki dngan kesenian yang ada di Jawa Barat khususnya wayang golek. (Jhole)

Pos terkait