Nurfahroji Ngaprak Kampung Kunjungi Pasien

Babelan, KPonline – Selasa malam (25/09) Direktur hukum relawan Jamkeswatch nasional M Nurfahroji, SH ‘ngaprak’ ditemani bersama dengan relawan Jamkeswatch lainnya melakukan silaturahmi ke rumah rumah keluarga pasien yang sudah di pernah advokasi oleh team relawan Jamkeswatch.

Di mulai dari pasien pertama yang berdomisili di kampung Poncol, Babelan yang saat diadvokasi dikarenakan dengan kendala harus mencari rujukan untuk fasilitas yang lebih lengkap, dan berkat bantuan relawan Jamkeswatch bisa terselesaikan dengan baik.

Bacaan Lainnya

Kemudian M Nurfahroji mengunjungi pasien kedua yang berdomisili di kampung Kedaung desa Kedung Pengawas, yang pada saat itu pernah mengalami dengan kendala pasien dengan proses lahiran normal tetapi sudah diarahkan pulang sebelum jaminan selesai di proses maka sesuai regulasi BPJS Kesehatan pasien di nyatakan sebagai pasien umum.

“Ketika itu keluarga pasien laporan kepada kami (relawan Jamkeswatch) dan karena memang keluarga dari keluarga kurang mampu kami dari relawan segera advokasi.” papar Nurfahroji.

“Kita meminta kebijakan dari pihak rumah sakit dan akhirnya pasien bisa dijaminkan dengan Jamkesda.”lanjutnya, menyampaikan kenangan saat saat advokasi pasien tersebut.

Kemudian hampir tengah malam Nurfahroji dan relawan melakukan kunjungan terhadap pasien ketiga yang pernah mereka advokasi yang berdomisili di kampung Singkil, Buni Bakti

“Kendala pasien saat itu adalah kenakalan oknum rumah sakit yang meminta biaya dari tindakan medisnya padahal pasien menggunakan kartu Jaminan kesehatan nasional, akhirnya kami kirim relawan Jamkeswatch untuk melakukan konfirmasi dan koordinasi dengan pihak rumah sakit dan pihak rumah sakit menyatakan klarifikasi bahwa tidak ada permintaan biaya sepeser pun.” jelas Nurfahroji disela sela kunjungan malam ini.

Silaturahmi malam ini berakhir di rumah pasien ketiga pada jam 12.00 wib malam. Dan rencananya akan dilanjutkan besok kepada pasien lainnya.

Pos terkait