Melihat Dari Dekat Antusiasme ‘Emak Emak Posyandu’ Saat Audiensi JKN Bersama Bang Oji

  • Whatsapp

Babelan, KPonline – Bertempat di mushola Al Huda RW 038 Perum Villa Gading Harapan, kelurahan Bahagia dalam acara pertemuan bulanan Paguyuban posyandu se kelurahan Bahagia, kecamatan Babelan, tim relawan Jamkeswatch berkesempatan di undang sebagai narasumber tentang Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) pada selasa siang (4/9) ini.

Acara ini dihadiri langsung oleh Direktur Hukum dan Advokasi Jamkeswatch M. Nurfahroji bersama tim Jamkeswatch Utara, hadir juga Kepala Puskesmas kelurahan Bahagia, perwakilan dari RSIA Sayang Bunda Pondok Ungu Permai, para kader posyandu se-kelurahan Bahagia, dan Ketua RW 038 selaku tuan rumah.

Pertemuan rutin ini diawali dengan pembekalan informasi terbaru untuk para kader posyandu se-kelurahan Bahagia yang disampaikan oleh Kepala Puskesmas Bahagia Hj Sumiah, yang kemudian disambung dengan audiensi JKN bersama M Nurfahroji (bang Oki) yang menyampaikan tentang pentingnya menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional atau lebih dikenal dengan BPJS Kesehatan, perlunya pengetahuan mengetahui alur penggunaanya, dan mengetahui mengenai hak dan kewajiban kita sebagai peserta BPJS Kesehatan.

Terlihat antusiasme dari emak-emak para kader Posyandu atas apa yang disampaikan oleh bang Oji tentang BPJS Kesehatan, banyak sekali pertanyaan dan beberapa keluhan yang disampaikan dalam audiensi ini. Hal ini membuktikan memang selama ini banyak juga keluhan terkait pelaksanaan BPJS Kesehatan yang ada dalam pelaksanaannya. Hal tersebut terungkap saat disampaikan pada sesi tanya jawab peserta yang hadir kepada bang Oji. Bang Oji pun menjawab tidak kurang dari sepuluh point dengan lugas dan luwes pertanyaan dan keluhan para emak-emak kader posyandu tersebut sesuai dengan data, fakta lapangan dan regulasi yang berlaku saat ini.

Akhirnya kesadaran terkait perlunya diadakan acara sosialisasi BPJS Kesehatan dalam Jaminan Kesehatan Nasional sesering mungkin perlu diadakan kepada masyarakat muncul. Hal ini terjadi karena memang minimnya sosialisasi

Dalam hal ini Kepala Puskesmas Kelurahan Bahagia menyambut baik dan sangat berharap kerjasama Jamkeswatch dalam hal penyampaian sosialisasi tentang BPJS Kesehatan dilingkungan wilayah Kelurahan Bahagia khususnya. Begitupun halnya dengan RW 038 Kelurahan Bahagia mengharapkan kerjasama Bang Oji bersama Relawan Jamkeswatch untuk menyampaikan sosialisasi BPJS Kesehatan kepada warga lingkungan RW 038 pada kesempatan berikutnya.

Acara pun diakhiri dengan penyerahan secara simbolis buku saku Jamkeswatch kepada Ketua Paguyuban Posyandu se-kelurahan Bahagia dan Ibu RW 038 Kelurahan Bahagia.

“Untuk saat ini mari kita mulai lebih peduli tentang warga dilingkungan kita ketika ada warga yang sakit, baik warga yang mempunyai Jaminan Kesehatan ataupun tidak untuk dibantu dalam hal pelayanan kesehatan nya, jika terjadi kesulitan silahkan hubungi saya, kami tim relawan Jamkeswatch siap membantu 24 jam.” pesan bang Oji kepada peserta yang hadir.

“Tak ada yang tak mungkin ketika para emak emak sudah bergerak.” kelakar bang Oji yang disambut tawa renyah para emak emak kader Posyandu di akhir acara tersebut.

(boim/jim).