Mayday, Buruh dari 5 Kabupaten/Kota Kepung Kantor Gubernur Sumatera Utara

  • Whatsapp

Sumatera Utara, KPonline – Dalam perayaan Hari Buruh Internasional 1 Mei 2017 atau Mayday, Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Provinsi Sumatera Utara menggelar aksi unjuk rasa dengan melibatkan ribuan buruh dari 5 Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Sumatera Utara.

Dengan tujuan Kantor Gubernur Sumatera Utara, Buruh FSPMI Kota Medan, FSPMI Kab. Deli Serdang, FSPMI Kab. Serdang Bedagai, FSPMI Kab. Batu Bara dan FSPMI Kab. Padang lawas antusias mengikuti Aksi dan menyuarakan keluhan-keluhan kepada Pemerintahan Pusat, Pemerintahan Provinsi dan Pemerintahan Daerah yang sampai hari ini belum juga berpihak adil mengawal dijalankannya UU yang berlaku di Negara ini menjalankan sebagaimana fungsinya.

Tidak adanya perwakilan dari Pemerintahan Propinsi Sumatera Utara yang hadir untuk menemui buruh. Ribuan Buruh yang notabenenya anggota FSPMI dari 5 Kabupaten/Kota di Sumatera Utara ini tidak patah semangat untuk terus berorasi menyampaikan tuntutan secara bergantian di depan Kantor orang nomor satu di Sumatera Utara ini.

Membawa Tiga (3) tuntutan utama yang disuarakan kaum Buruh secara Nasional yaitu HOSJATUM ( Hapuskan Outsourcing Tolak sistem sistem kerja pemagangan, Jaminan sosial gratis bagi seluruh rakyat Indonesia dan Tolak Upah Murah Cabut PP 78 tahun 2015) para buruh juga membawa tuntutan daerah seperti, “Harus ditambahnya PPNS, Bidang Pengawas ketenagakerjaan ditingkat Propinsi, hal itu dikarenakan akibat ditariknya bidang PPNS dan Pengawasan di Daerah ke Pemerintahan Propinsi akan berdampak buruk bagi Buruh di Kab/Kota yang jauh dari Ibukota Sumatera Utara. Belum lagi persoalan personil yang sekarang hanya 95 an orang untuk mengkordinir 33 Kab/Kota di Provinsi ini”

Aksi ini dipimpin langsung oleh Willy Agus Utomo selaku Ketua Dewan Pimpinan Wilayah FSPMI Sumatera Utara. Peserta aksi tertata rapi dan teratur mulai dari titik kumpul awal di Kab. Deli Serdang sampai dengan melakukan longmarch hingga ke Kantor Gubernur SUMUT.

Setelah melakukan orasi secara bergantian selama kurang lebih 2 jam, para buruh bergerak menuju Lapangan Merdeka Kota Medan untuk menggelar makan bersama. Penyerahan hadiah untuk para pemenang tournament Sepak bola MAY DAY Piala DPW FSPMI SUMUT Cup III yang telah mendapatkan hasil nama-nama pemenang dan menggelar rapat evaluasi aksi perayaan MAY DAY tahun 2017 ini.

Dalam sela Evaluasi, Willy juga menyampaikan, “Bahwa dalam waktu dekat tepatnya minggu depan kita akan melakaukan aksi terkait kasus-kasus yang ada di daerah yang belum juga terselesaikan.”

Setelah melakukan Evaluasi Aksi MAY DAY, sekitar pukul 17:00 wib masa aksi membubarkan diri kembali ke daerahnya masing-masing.