May Day, FSPMI Cirebon Turun ke Jalan

  • Whatsapp

Cirebon, KPonline – Peringatan May Day, 1 Mei 2017 di Cirebon dipastikan akan berbeda. Tahun ini Cirebon akan dipenuhi oleh ribuan buruh yang turun ke jalan untuk mendesak pemerintah untuk memenuhi hak-hak kaum buruh.

Kamis, 20 April 2017 FSPMI Cirebon Raya telah mengadakan konsolidasi untuk pergerakan May Day 2017 dengan mengumpulkan seluruh perangkat dan anggota SPA FSPMI Cirebon dalam rangka mensukseskan May Day 2017.

Bacaan Lainnya

Pemaparan pergerakan telah di ungkap dengan sangat jelas oleh Ketua dan Sekretaris Konsulat Cabang FSPMI Cirebon dengan menggaungkan isu-isu May Day secara nasional dan daerah. Sesuai dengan hasil rapat, buruh Cirebon akan bergerak ke beberapa tempat, yakni PT. Mustika Mitra Selaras, Disnakertrans Kabupaten Cirebon, BPPK Wilayah III Cirebon, Kantor Bupati Cirebon, dan DPRD Kabupaten Cirebon untuk menyampaikan tuntutan kaum buruh.

FSPMI Cirebon sangat serius menyerukan isu-isu nasional seperti Hapus sistem outsourching dan pemagangan, jaminan sosial ( jaminan kesehatan gratis tanpa iuran, revisi PP 45/2015 tentang jaminan pensiun- dana pensiun bagi buruh harus sama dengan pns/tni-polri yaitu 60% dari upah terakhir, dan tolak upah murah (cabut PP 78/2015) serta isu-isu perjuangan didaerah seperti tolak PP 78/2015 tentang pengupahan, berlakukan UMSK Kabupaten 2017, tindak tegas pengusaha nakal, stop union busting, berlakukan cuti melairkan 14 minggu, serta tolak revisi UU 13/2003 dan pamagangan.

Pergerakan tahun ini Cirebon akan dipenuhi oleh kaum buruh yang all out turun ke jalan. Ini sebagai bentuk komitmen FSPMI Cirebon dalam membela, memperjuangkan, dan melindungi kaum buruh dan keluarganya.

Berkumpulnya pilar-pilar FSPMI seperti Garda Metal, Media Perjuangan yang akan mendukung pergerakan May Day adalah bukti lain dari keseriusan itu.

Seluruh Serikat Pekerja Anggota FSPMI Cirebon sudah menyatakan komitmentnya untuk bergerak. May Day bukanlah hari liburan, tapi mari kita dalam satu hari melakukan pergerakan yang akan memberikan efek positif bagi kita untuk beberapa waktu kedepan, memberikan perubahan bagi kita semua sebagai kaum buruh, mencapai kesejahteraan kaum buruh.

Pergerakan FSPMI Cirebon bukanlah gerakan provokatif. Tapi gerakan yang sesuai dengan aturan. Gerakan yang elegan.

Ayo semua buruh Cirebon bergerak bersama keluarga, teman, saudara, tetangga karena sesungguhnya May Day adalah hari buruh dan keluarganya karena perjuangan buruh bukan hanya untuk pekerjanya saja tetapi untuk keluarganya.

Penulis: Triyan Handoko

Pos terkait