Donor Darah Oleh Buruh

  • Whatsapp

Bekasi, KPonline – Apa yang akan kita lakukan ketika keluarga, saudara, atau teman kita sedang mengalami masa kritis dan harus segera membutuhkan darah? Tentu pikiran kita akan mencari darah bukan? Kemana? Pasti Palang Merah Indonesia (PMI) yang ada di pikiran kita.

Bagaimana jika di PMI stok darah habis? Tidak bisa dibayangkan bagaimana paniknya kita karena kebingungan mencari siapa orang yang mau mendonorkan darahnya.

Siapapun anda, keluarga, saudara, teman kita sedang kritis pasti akan meminta bantuan orang lain untuk memberikan darahnya.

Atas dasar itulah PUK SPAMK FSPMI PT Musashi menggugah kesadaran anggota untuk menjadi pendonor darah aktif. Bekerja sama dengan PMI unit Kabupaten Karawang, PUK Musashi mengadakan kegiatan donor darah. Kegiatan ini diadakan di area kantin PT Musashi Auto Parts Indonesia plant Ejip, Cikarang Selatan, Bekasi.

Ketua panitia donor darah, Suranto menyatakan bahwa kegiatan donor darah ini di adakan untuk membantu PMI dalam menyediakan stok darah. PMI unit kabupaten Karawang setiap hari harus menyediakan sedikitnya 50 kantong darah untuk memenuhi kebutuhan darah. Donor darah ini sudah di adakan ke 4 kalinya di tahun 2017, dan akan terus berlanjut setiap 1 bulan sekali sampai akhir tahun.

Donor darah yang di adakan pada hari Rabu, 19 April 2017 ini pun berhasil mengumpulkan 16000 ml atau sekitar 64 kantong darah. Panitia berharap kesadaran anggota tentang arti pentingnya donor darah semakin tinggi sehingga partisipasi anggota setiap bulan akan terus meningkat. Donor darah secara rutin sudah teruji dapat memberikan manfaat positif bagi pendonor maupun penerima darah.

Dari berbagai referensi, manfaat donor darah bagi pendonor adalah: Bentuk kepedulian antar umat manusia; Dapat membantu menurunkan berat badan; Membantu membakar kalori; Deteksi dini resiko kesehatan; Melindungi jantung; Mencegah stroke; Mencegah resiko kesehatan/mengatur kontrol kesehatan; Memperbaharui sel darah baru; Mengurangi kelebihan zat besi; Meningkatkan sel darah merah; Meningkatkan kapasitas paru-paru dan ginjal; Meningkatkan kesehatan psikologis; Membantu sirkulasi darah; Memaksimalkan darah dalam paru-paru; Menurunkan zat seng dalam darah; Mencegah penyakit langka; Menghilangkan kaku di pundak; Mengetahui tipe darah.

Adapun manfaat donor darah bagi penerima adalah: Memberikan kesehatan; Menyelamatkan nyawanya; Menyembuhkan penyakit yang di derita; dan Satu kantong darah dapat menyelamatkan 3 nyawa.

Semua golongan darah pada hakikatnya sama baiknya dan berguna bagi sesama. Sudahkah anda tertarik untuk menjadi pendonor darah?

Penulis: Edi Purnomo